Pandemi Covid-19 tidak membuat Universitas Negeri Malang (UM) menunda salah satu agenda akademik tahunannya yaitu Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Edisi Covid-19. Berbeda dengan pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya, KKN Edisi Covid-19 dimodifikasi sedemikian rupa agar tetap mematuhi protokol pencegahan penularan Covid-19. Selain untuk membantu memerangi Covid-19, kegiatan ini juga sebagai upaya untuk mengajarkan mahasiswa dalam hal mengabdi dan bermanfaat untuk masyarakat sekitar secara langsung. Harapannya, mahasiswa juga bisa memperbaiki dan meningkatkan kualitas dan potensi yang ada di suatu daerah.

Meskipun KKN dilakukan secara daring, kegiatan pengabdian tetap berusaha dilakukan secara maksimal untuk menggali dan mengembangkan potensi desa. Salah satu potensi desa yang terdapat di Desa Wonoayu, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang adalah hasil jahe yang melimpah. Hasil jahe yang melimpah belum dimanfaatkan secara maksimal oleh warga desa Wonoayu dengan variasi produk olahan jahe itu sendiri, sehingga banyak dari petani jahe hanya menjual jahe mentah secara langsung kepada pengepul. Oleh sebab itu, mahasiswa KKN UM mengadakan sosialisasi pembuatan sirup jahe dan olahan lainnya pada hari Selasa (16/6), sebagai upaya meningkatkan keterampilan warga desa dan memajukan program desa tangguh yang dicanangkan pemerintah.

Cara pembuatan yang praktis dan bahan-bahan campuran yang gampang ditemukan di desa, mempermudah warga untuk mempraktikannya sendiri di rumah. Jika pembuatan sirup jahe bisa diproduksi dalam skala besar dan dilanjutkan sebagai produk penjualan dengan region yang lebih luas akan berdampak pada terbukanya lapangan pekerjaan baru sehingga dapat mengurangi angka pengangguran di desa. Kegiatan ini mendapat respon positif dari warga desa, “kegiatan sosialisasi yang dilakukan sangat bermanfaat dan membantu meningkatkan keterampilan warga. Dari rasa olahan sirup jahe yang enak dan pembuatan sirup jahe yang mudah, membuat kami berencana mempraktikkannya di rumah masing-masing,” ujar salah satu warga. Pada kegiatan ini, mahasiswa juga membuat video tutorial cara pembuatan sirup jahe. Video tersebut telah diunggah di kanal YouTube KKN UM WONOAYU 2020. Video yang terunggah ini bertujuan untuk mempermudah warga dalam mempraktikkan kembali pembuatan sirup jahe di rumah masing-masing.

Kontributor: Rizki Susilowati, Mahasiswa Pendidikan Kimia

Editor: Bunga | Admin: Maria