Pandemi Covid-19 sedang mengguncang dunia, termasuk Indonesia. Bagi orang dewasa untuk mendapatkan informasi mengenai Covid-19 sangatlah mudah karena mereka bisa mengakses melalui media sosial, televisi, Koran, dan lain-lain. Namun bagi anak-anak usia PAUD dan SD/MI tidak semudah itu untuk mendapatkan informasi tentang Covid-19 karena tingkat pemahaman mereka dan orang dewasa sangatlah berbeda. Anak-anak cenderung lebih tertarik jika informasi yang didapatkan melalui cara-cara yang menyenangkan dan mudah dipahami.

Menanggapi hal tersebut, mahasiswa yang mengikuti program Kuliah Kerja Nyata Universitas Negeri Malang (KKN UM) yang bertugas di Desa Gunungronggo, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang berinisiatif untuk menciptakan video edukasi (22/6). Berbekal kemampuan dalam memperoleh informasi yang didapat dari berbagai sumber mahasiswa KKN UM Desa Gunungronggo menciptakan video edukasi mengenai bentuk penyebaran, ciri-ciri dan cara pencegahan Covid-19, serta tata cara mencuci tangan yang baik dan benar. Video edukasi ini diciptakan dengan tujuan untuk membantu sekolah-sekolah yang ada di Desa Gunungronggo dalam menyampaikan materi Covid-19 kepada peserta didiknya. Tidak hanya itu, mahasiswa KKN Desa Gunungronggo juga memberikan Banner kepada sekolah-sekolah tentang imbauan kesiapan dalam menghadapi kehidupan tatanan baru atau biasa disebut dengan New Normal.

Video edukasi dan Banner diberikan pada Senin (22/06) dengan mengunjungi sekolah-sekolah yang berada di Desa Gunungronggo, seperti yaitu KB Nasihudin, TKM Nasihudin, MI Darussalamah, dan SDN Gunungronggo 1. Mahasiswa KKN memberikan langsung kepada kepala sekolah dan beberapa guru yang sedang piket pada hari itu. “Videonya bagus, nanti akan saya bagikan melalui grup WhatsApp guru dan wali murid,” ujar Pak Sholeh, guru olahraga SDN Gunungronggo 1.

Kontributor: Rafika Indriyani, Mahasiswa Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah

Editor: Bunga | Admin: Maria