Desa Pagersari, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang merupakan salah satu desa yang diberkahi kekayaan alam yang melimpah, sehingga mayoritas penduduk yang tinggal di sana bekerja sebagai petani dan peternak sapi perah, kecerdasan peternak sapi membuat kualitas air susu yang baik. Oleh karena itu, mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang (UM) Desa Pagersari memberikan ide solutif dengan menumbuhkan desa Pagersari sebagai desa pariwisata dan edukasi Jumat (18/27). Ide tersebut dilaksanakan untuk memajukan perekonomian yang ada di desa Pagersari guna kesejahteraan masyarakat desa.

Lucky Reza Alfikar Rahma Januar mengatakan keinginannya untuk menumbuhkan sektor pariwisata. Dengan kemunculan sektor pariwisata maka berimbas pada nilai pendapatan UMKM yang ada di desa Pagersari. “Upaya untuk meningkatkan pendapatan masyarakat desa dengan menumbuhkan sektor pariwisata. Pengambilan sektor pariwisata karena desa Pagersari yang memiliki alam yang indah serta adanya edukasi bagi wisatawan untuk beternak sapi perah dengan menghasilkan susu kualitas bagus, diharapkan mampu menarik wisatawan sehingga mendorong kemajuan UMKM juga,” ujarnya. Bukan hanya UMKM yang diperhatikan oleh mahasiswa KKN UM desa Pagersari tetapi juga memunculkan adanya pojok baca untuk edukasi bagi anak-anak desa Pagersari

 

Program yang tim KKN kerjakan merupakan salah satu cara mahasiswa untuk menerapkan ilmu yang diperolah di perkuliahan dan untuk mengabdi kepada masyarakat. Kerjasama yang dijalin antara Universitas Negeri Malang melalui mahasiswa KKN dengan desa Pagersari diharapkan mampu untuk membantu meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat desa.

Pewarta: Agustin Rahayu Intan Berlianti