Kreativitas merupakan salah satu kemampuan abad 21 yang sangat penting dikembangkan pada anak-anak melalui berbagai kegiatan edukatif. Menyadari hal itu maka Tim KKN tematik Sastra Inggris di Desa Sumberdem Kecamatan Wonosari mengembangkan program Workshop Keterampilan Aneka Kreasi yang tidak hanya bertujuan mengembangkan aspek kognitif saja melainkan juga mengasah kreativitas anak-anak di lokasi KKN. Kegiatan ini dilaksanakan diantara jadwal rutin Program English Club yang diadakan setiap hari Selasa dan Rabu. Kegiatan yang dimulai pada hari Kamis (1/7) ini bertujuan sebagai refreshing diantara pembelajaran bahasa Inggris sekaligus mengasah daya kreativitas anak.


Kegiatan English Club sendiri telah terlaksana dalam dua sesi: sesi pertama diikuti oleh anak TK dan PAUD, sedangkan sesi dua diikuti oleh siswa SD. Diantara sesi itulah workshop ini dilaksanakan. Pada sesi workshop yang pertama, para peserta dilatih membuat gantungan kunci dari kain flannel yang dibentuk menjadi beragam karakter yang diambil adalah karakter kartun. Pemilihan karakter berdasarkan kekhasan usia anak-anak. Karakter yang dipilih dirasa sesuai dengan dengan karakteristik anak yang identik dengan keceriaan dan dunia permainan. Bentuk karakter tersebut diantaranya adalah karakter hewan kodok dan koala biru.

Pelaksanaan kegiatan ini memanfaatkan Pojok Baca yang dikelola Ibu Tatik, salah satu warga Desa Sumberdem. Kegiatan ini disambut dengan penuh antusias olah para peserta English Club. “Kami para mahasiswa sebenarnya berpikir sudah waktunya para peserta untuk pulang kembali ke rumah masing-masing, namun mereka semua sangat antusias sehingga kami pun sedikit kewalahan. Apalagi mereka juga selalu meminta karakter lain untuk dibuat padahal kami sudah memberikan seluruh stok kami,” ujar Zahirah, salah satu mahasiswa KKN Tematik Sastra Inggris.