Menjaga kesehatan gigi merupakan salah satu langkah preventif yang harus dimulai oleh setiap individu sejak masa bayi karena kesehatan gigi merupakan salah satu aspek tumbuh kembang seorang anak yang perlu diperhatikan. Oleh karena itu, Tim KKN UM 2021 mengadakan kegiatan sosisalisasi ini bertujuan memberikan edukasi kepada anak-anak usia dini di Desa Wiyurejo tentang cara merawat dan menjaga kesehatan gigi dengan benar sejak usia dini.

Rabu, 30 Juni 2021 Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) UM 2021 di Desa Wiyurejo, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang di bawah arahan Dosen Pembimbing Lapangan, Dr. Yudhi Utomo, M. Si berhasil menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Merawat dan Menjaga Kesehatan Gigi pada Anak. Sosialisasi yang digelar secara tatap muka atau luar jaringan bertempat di SDN Wiyurejo 2 ini dilaksanakan dalam durasi waktu tiga jam yaitu antara pukul 09.00-11.00 WIB. Kegiatan yang dihadiri anak-anak Desa Wiyurejo yang berusia 6-10 tahun ini dilaksanakan dengan tetap menjaga protokol Kesehatan.

Kegiatan sosialisasi dibuka oleh ketua pelaksana, Tamara Aurelia Gita Kartika. “Berdasarkan Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) menunjukkan bahwa kondisi kesehatan gigi dan mulut masyarakat Indonesia sangat memprihatinkan. Dari hasil survei, prevalensi gigi berlubang pada anak usia dini sangat tinggi, yaitu 93% dan hanya 7% anak yang bebas dari masalah gigi berlubang. Oleh karena itu, kita perlu untuk melakukan tindakan pencegahan permasalahan pada gigi sejak dini.”

Pada sesi pemaparan materi, Ittaqi Fayuza Meiladiaty, salah satu pemateri menyampaikan mengenai cara menggosok gigi dengan benar. Pada sesi pemaparan materi ini, para peserta tampak sangat antusias materi yang disampaikan. Mereka juga menunjukkan sikap antusias ketika mempraktikkan cara menyikat gigi dengan benar secara bersama-sama. Setelah acara praktik, kegiatan dilanjutkan dengan sesi kuis interaktif mengenai materi yang telah disampaikan, hal ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana para peserta memahami materi yang telah disampaikan, dan kegiatan ini menunjukkan hasil yang memuaskan. Tim KKN UM 2021 berharap agar anak-anak Desa Wiyurejo lebih menyadari dan memahami akan pentingnya merawat dan menjaga kesehatan gigi sejak usia dini.

Perwira : Hayyu Erinda