Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) satu ini memang penuh kerap menorehkan prestasi. Setelah berhasil menyabet medali di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2020, tak lama kemudian dia kembali meraih prestasi yang sangat membanggakan di ajang kompetisi internasional dengan menyabet medali emas dalam ajang World Science, Environment and Engineering Competition (WSEEC) pada 20 Juni 2021 dan medali silver dalam ajang Indonesia Education International Innovative Competition (IEI2C) pada 24 Juni 2021. (25/6). Namanya Bunga Almia Gane Sari Santina Putri, akrab dipanggil Bunga; adalah mahasiswa Fakultas Sastra (FS) UM jurusan Sastra Inggris semester empat, seorang mahasiswa yang bertabur prestasi.

Bunga menyampaikan bahwa keberhasilan yang diraihnya tidak lepas dari dukungan seluruh anggota tim yang kompak dan setia mendampingi. Bunga juga mengungkapkan bahwa berkat bantuan tim yang diketuainya, dirinya dapat memperoleh medali.

Karya yang diperlombakan Bunga dan tim di ajang internasional tersebut adalah Playmat, sebuah alat permainan edukatif (APE) berbentuk karpet berukuran 1,5 meter x 1,5 meter yang diperuntukkan sebagai media pembelajaran bahasa Inggris bagi anak usia prasekolah. Playmat dilengkapi dengan empat materi dan cara belajar yaitu teaching English by using songs, games, stories, dan total physical response method. Playmat juga dirancang dengan desain yang sangat menarik, interaktif, dilengkapi dengan suara. Playmat dapat dimainkan secara individu maupun berkelompok sehingga anak-anak dapat belajar bahasa Inggris dengan gembira serasa seperti bermain.Ide pengembangan produk inovatif ini bermula dari adanya permasalahan yaitu rendahnya minat anak-anak untuk belajar bahasa Inggris pada anak-anak. Karenanya Bunga ingin menumbuhkan minat dan kegemaran anak-anak untuk belajar Bahasa Inggris melalui produk ini, “Awalnya karena banyak permasalahan, salah satunya karena rendahnya minat belajar anak sehingga saya berinisiatif untuk memaut dua produk yang sama lalu dilombakan dengan tujuan agar produk yang dibuat bisa diterima dengan baik. Untuk pembuatan produknya, saya tidak bisa sendiri sehingga saya ikut dibantu tim dari berbagai jurusan,” Jelasnya.

Bunga menyampaikan bahwa pengembangan ide cemerlang tersebut dapat terwujud berkat kerja sama dengan teman-temannya sesama mahasiswa dari beberapa jurusan dan fakultas di UM yaitu Bagus Prastyo (mahasiswa Jurusan Teknik Elektro, angkatan 2018), Muhammad Ricky Perdana Putra (mahasiswa Jurusan Teknik Elektro, angkatan 2019), Nisa Haliyati Royyan (mahasiswa Jurusan Seni dan Desain, angkatan 2019), dan Savarina Aurelia Callista (mahasiswa Jurusan Manajemen, angkatan 2019).

Bunga dan tim berharap, produk yang dibuat dapat diterima oleh masyarakat luas dan menumbuhkan semangat anak-anak dalam belajar bahasa Inggris.

Pewarta: Berlian