Rofiud Darojad Mahasiswa Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Malang (UM) berhasil menorehkan prestasi dalam kompetisi International Mathematics Competition. Kompetisi yang diselenggarakan di Bulgaria pada 2–7 Agustus 2021 ini diikuti peserta yang berasal dari 50 negara di berbagai belahan dunia.

Rofiud demikian mahasiswa semester 8 ini biasa dipanggil Rofiud. Dia menjelaskan bahwa prestasi yg baru saja dia raih merupakan buah dari serangkaian perjalanan panjang. Sempat gagal di tahun lalu, perjuangannya membuahkan hasil berupa medali perunggu. “Tahun lalu saya ikut lomba yang sama lewat delegasi kampus tetapi belum berhasil. Alhamdulillah tahun ini saya ikut lagi mewakili Indonesia dan meraih medali perunggu,” tutur Rofiud.

Demi menjadi delegasi Indonesia dalam ajang perlombaan bergengsi ini, Rofiud rutin mengikuti bimbingan dan pelatihan dari Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Puspresnas Kemdikbud). Pelatihan yang dimulai pada 21 Juli hingga 1 Agustus 2021 tersebut digelar secara daring. Untuk mematangkan persiapannya Rofiud juga mengikuti sejumlah simulasi lomba. ” Dalam Pelatihan nasional kami dibimbing dengan latihan soal, mengasah strategi menjawab soal, dan berbagai trik menghadapi soal-soal tertentu. Mirip seperti tahun lalu, perbedaannya tahun ini online jadi mungkin kurang merasakan suasana lomba itu sendiri. Namun, semuanya tetap berkesan karena semua soal yang diberikan sangat menantang,” jelas Rofiud.

Di akhir wawancara, Rofiud menyatakan harapannya agar pencapaiannya di tahun ini dapat memotivasi adik-adik mahasiswa UM agar dapat berprestasi dan membanggakan UM di masa yang akan datang baik di tingkat regional hingga internasional.

Pewarta: Berlian