Sempat vakum selama dua tahun dikarenakan pandemi Covid-19, Direktorat Kemahasiswaan Universitas Negeri Malang (Ditmawa UM) kembali menyelenggarakan Pekan Karya Ilmiah, Olahraga, dan Seni Mahasiswa Baru Universitas Negeri Malang (PIOS MABA UM) 2022. Acara ini sukses menarik antusiasme mahasiswa baru UM angkatan 2022 melalui ajang penampilan bakat yang dimiliki.

Berbagai cabang lomba telah dipersiapkan oleh Ditmawa UM untuk menyaring bakat-bakat unggul mahasiswa baru UM angkatan 2022. Cabang lomba yang terdapat pada PIOS MABA UM 2022 antara lain bidang Ilmiah (esai), bidang olahraga (pencak silat, karate, taekwondo, voli, basket, sepak bola), dan bidang seni (poster digital, komik strip, ilustrasi, fotografi, tari, menyanyi dangdut putri dan putra, serta menyanyi pop putri dan putra).

Tahapan PIOS MABA UM 2022 terdiri dari proses pendaftaran dan pengiriman karya, penilaian karya, dan pengumuman pemenang. Alur pendaftaran dan pengiriman karya sendiri memiliki beberapa tahapan, yakni registrasi peserta, pengumpulan karya melalui surel dan Google Form, serta konfirmasi kepada panitia lomba.

Tidak hanya lomba, ada pula penampilan dari Aswa sebagai bintang tamu, yakni music band yang berasal dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Acara ini juga berhasil terlaksana berkat kerja sama dari mahasiswa yang tergabung di bawah naungan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) UM. Beberapa di antaranya yaitu UKM Ikatan Pecinta Retorika Indonesia (IPRI) sebagai ketua pelaksana, UKM Unit Aktivitas Sepak Bola (UASB) sebagai penyelenggara cabang lomba sepak bola, Himpunan Mahasiswa Penggemar Fotografi (Himafo) sebagai penyelenggara cabang lomba fotografi, dan UKM Sanggar Minat sebagai penyelenggara cabang lomba poster digital, lukis, dan komik strip serta UKM lainnya yang berperan sebagai panitia dan penyelenggara perlombaan tertentu.

Malam penganugerahan PIOS MABA UM 2022 dilaksanakan bersamaan dengan Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) of The Year UM 2022 yang diselenggarakan di Graha Cakrawala pada pukul 17.00 WIB. Acara semakin meriah dengan kedatangan para suporter dari setiap fakultas dan Ormawa di UM. Tidak hanya itu, pemenang utama dari beberapa cabang lomba seperti menyanyi dangdut dan pop, berhak menampilkan aksi panggung terbaiknya untuk menghibur seluruh penonton.

Acara tahunan ini diharapkan mampu menjadi penyulut semangat bagi mahasiswa baru UM angkatan 2022 untuk meningkatkan prestasi pada minat dan bakatnya masing-masing. Berbagai prestasi yang diberikan mahasiswa baru UM angkatan 2022 dapat menunjang Indeks Kinerja Utama (IKU) yang membantu mewujudkan UM sebagai World Class University (WCU) di masa mendatang.

Reporter: Naufal Yuan