PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) selaku penyedia layanan telekomunikasi terbesar di Indonesia menjalin kerja sama dengan Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Negeri Malang (UM). Nota kerja sama ini ditandatangani langsung oleh Dekan FE UM Dr. Cipto Wardoyo, S.E., M.Pd., M.Si., Ak.,CA. dan Manager Telkomsel Branch Malang, Frits Marendeng pada (3/10) di gedung D4 lantai 4 FE UM. Kerja sama yang telah disepakati berlaku selama satu tahun, yakni mulai 25 September 2019 hingga 25 September 2020. Namun, kerja sama ini bisa diperpanjang apabila sudah selesai masa berlakunya.


Program kerja sama tersebut diterapkan dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, serta peningkatan kualitas sumber daya manusia kedua belah pihak. Namun, kerja sama ini lebih menitikberatkan pada kegiatan pendidikan dan pembelajaran.
Bentuk kerja sama tersebut antara lain seminar pelatihan, digital marketing, dan pemberian sponsorship untuk beberapa event yang akan dilaksanakan di FE. Selain itu, adanya kerja sama ini juga membuka peluang mahasiswa yang ingin melakukan kegiatan kajian dan praktik lapangan (KPL) selama dua sampai enam bulan, serta penelitian di lingkungan operasional Telkomsel.


Kegiatan penandatanganan kerja sama ini juga diikuti dengan pelatihan soft skills oleh PT Telkomsel kepada calon Wisudawan ke-99 dan ke-100 FE UM. Pelatihan soft skills kepada calon wisudawan memang selalu diselenggarakan oleh FE sebagai bekal mahasiswa memasuki ke dunia kerja.


Dalam pelatihan tersebut pihak Telkomsel memberikan materi tentang pembuatan curriculum vitae yang baik dan menarik. Tidak hanya itu, peserta juga diberikan beebrapa tips untuk menghadapi pertanyaan ketika melakukan tes wawancara kerja.


Ditemui di ruangannya, Dr. Agus Hermawan, M.Si., Grad Dip MGT., M.Bus. selaku Wakil Dekan 1 FE UM menuturkan bahwa pihaknya menyambut baik kerja sama ini. “Saya berharap kerja sama ini nantinya dapat ditindaklanjuti dalam bentuk nyata,” tuturnya. Dewi