Lindungi bumiku! Hijaukan bumiku! Demikianlah pesan singkat yang digaungkan oleh segenap warga Universitas Negeri Malang (22/4) pada peringatan Hari Bumi. Nampak beberapa aksi bumi yang digelar oleh sivitas akademika  UM, mulai dari serangkaian hari bumi yang dilaksanakan oleh HMJ Biologi “Lebah Madu”, Acara bersih-bersih oleh HMJ Geografi “Vulcano”, dan beragam teatrikal yang dilaksanakan oleh BEMFA  Sastra dan UKM Jonggring Salaka. Aksi Ormawa ini menunjukkan bahwa  warga UM memiliki kepedulian yang tinggi terhadap bumi dan alam sekitar. Dengan berbagai khas yang disajikan, para ormawa ini tetap memiliki satu tujuan, mengajak segenap pihak untuk turut serta menjaga bumi dan alam.
HMJ Biologi “Lebah Madu” menyajikan serangkaian acara hari bumi yang meliputi lomba poster, tanam pohon, dan long march. “Bumi adalah rumah kita, sudah menjadi kewajiban kita bersama untuk menjaganya!” ujar Ike Ayu, mahasiswa jurusan biologi sekaligus ketua pelaksana serangkaian Hari Bumi HMJ Biologi “Lebah Madu” 2009.
Sore harinya, HMJ “Vulcano” mengerahkan diri  untuk bergotong-royong membersihkan halaman Fakultas MIPA. Lain MIPA lain Sastra, BEMFA sastra menyapa bumi dengan mengadakan aksi teatrikal dan konvoi sepanjang kampus UM. Dilanjutkan  dengan acara Talk Show dan nonton bareng “The Inconvenient Turth by Algore”. Sedangkan UKM Jonggring Salaka mengajak untuk peduli bumi dengan berteatrikal di perempatan jalan Gombong dengan disaksikan oleh sejumlah pengendara yang melewati kampus UM. ?Jul