Dalam rangka membekali mahasiswa di bidang kepenulisan dan pengelolaan majalah, Universitas Negeri Malang menyelenggarakan Pelatihan dan Penyuntingan Majalah Kampus pada tanggal 12-14 Mei 2009. Bertempat di Sasana Budaya UM, pelatihan ini diikuti oleh 150 mahasiswa dari berbagai Fakultas di  UM.
Para pemateri dalam kegiatan ini berasal dari dosen dan praktisi yang berkompeten di dunia kepenulisan dan jurnalistik. Mereka adalah Drs. H. Mistaram, M.Pd, Drs. H. A. Sugeng Rahayu, dan Djajusman Hadi, S. Sos, M. AB, yang merupakan Penyunting majalah Komunikasi UM, Choirul Anwar, Pimpinan Redaksi Radar Malang, M. Haninul Fuad, Praktisi dunia Jurnalistik, dan Karkono, S.S, dosen Sastra Indonesia UM. Materi yang disampaikan seputar penulisan berita, artikel, cerpen, puisi, teknik penyuntingan majalah kampus, manajemen redaksi dan etika pers jurnalistik. Pemaparan materi dikemas dalam bentuk yang lebih interaktif karena melibatkan peserta untuk praktik langsung latihan menulis berita dan cerpen. Naskah hasil latihan tersebut kemudian diserahkan ke panitia dan dinilai oleh pemateri masing-masing bidang. Pada sesi penulisan artikel, beberapa naskah peserta yang terbaik berhak memperoleh hadiah pulsa gratis dari pemateri.
Acara yang berlangsung pukul 13.00 hingga 17.30 selama tiga hari ini, mendapat respon positif dari para peserta, salah satunya Rara. “Kegiatan ini sangat bermanfaat, saya harap sering diselenggarakn tiap tahun oleh UM”, ujarnya. ?Num