Buku bisa menjadi suatu bentuk eksistensi seseorang atau pun kelompok dalam mengapresiasikan karyanya. Inilah yang ingin ditunjukkan oleh anak-anak UKMP dalam launching dan bedah buku yang bertajuk Ketawang Puspa Warna, antologi Cerpen UKMP 2008 di lobi perpustakaan umum kota Malang pada Jumat 5 Juni 2009. Buku ini berisi  antologi dua puluh cerpen terbaik dari anggota dan alumni UKMP Universitas Negeri Malang selama tahun 2008. Acara ini berlangsung pada pukul 19.00 WIB dengan sambutan dari ketua umum UKMP Sulviana Puspitasari, yang dilanjutkan dengan ceremony launching berupa penyerahan buku Ketawang Puspa Warna oleh Ketua UKMP kepada M. Nashir sebagai salah satu budayawan di kota Malang. Acara dilanjutkan dengan launching dan bedah buku oleh  Karkono, S.S.,  selaku novelis dan penggiat sastra. Hadir pula Mashuri selaku ketua Komite Sastra Dewan Kesenian Jawa Timur yang menjadi pembanding pada kesempatan tersebut.
Acara yang merupakan hasil kerjasama antara UKMP dan Malang Membaca Perpustakaan Kota Malang ini dihadiri oleh perwakilan ormawa UM, komunitas penulis dan budayawan se-Kota Malang. Turut hadir pula perwakilan dari Lembaga Pers Mahasiswa Malang. Acara berlangsung seru, para pengunjung dibuat senang dengan pembagian doorprize berupa buku Ketawang Puspa Warna yang dibagikan secara cuma-cuma.
Ketawang Puspa Warna merupakan judul yang diambil dari salah satu cerpen di dalam buku kumpulan cerpen ini. Menceritakan tentang kisah cinta wanita Jawa  yang mencintai gending Jawa dan masih memegang teguh ajaran Islam Jawa. Selain cerpen ini, masih ada sembilan belas cerpen lain yang menyajikan kisah-kisah berbeda. Diantara dua puluh cerpen ini ada yang telah dimuat di beberapa media massa seperti harian Jawa Pos dan Kompas. Mulai dari isi, proses editing, layout, finishing sampai penerbitan buku ini diurus oleh anggota dan alumni UKMP. Buku yang diterbitkan oleh Babel Publishing dan Mahameru Pustaka ini, telah dicetak sebanyak 500 eksemplar. 50 buku telah disumbangkan ke perpustakaan kota, sekolah-sekolah dan beberapa lembaga terkait. Selebihnya disebar ke pasaran.
Dalam hal promo buku ini, pihak UKMP merencanakan tur promo keliling di beberapa kota di Jawa Timur. Pihak UKMP juga mengagendakan penerbitan buku kumpulan cerpen serupa setiap tahunnya. Diharapkan dengan diterbitkannya buku ini, dapat memberikan motivasi kepada para penulis untuk terus berkarya dan tidak malu untuk mempublikasikan karyanya.  “Banyak penulis cerpen yang masih malu mempublikasikan karyanya, dengan adanya buku ini mudah-mudahan para penulis cerpen  dapat termotivasi,” ujar Mita selaku koordinator acara ini. ?Jul