Damai itu indah, kalimat ini sudah menjadi pameo yang sering di ungkapkan oleh kebanyakan orang. Hal ini juga yang mungkin menjadi pedoman seluruh panitia dalam melaksanakan PKPT UM 2009, sehingga kata yang dipilih adalah “Peace, love, and respect” sebagai tema PKPT kali ini.
Kegiatan PKPT merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan untuk menyambut mahasiswa baru, mengingat kehidupan kampus sangat berbeda dengan dunia sekolah maka perlu adanya pengenalan terhadap dunia kampus untuk membantu mahasiswa baru sukses kuliah di perguruan tinggi.
Dengan ditandai pelepasan balon bertuliskan PKPT UM 2009 oleh Prof. Dr. H. Soeparno selaku rektor UM, serta pelepasan sejumlah burung merpati oleh pejabat rektorat dan para ketua BEM, kegiatan yang bertujuan mengenalkan kehidupan perguruan tinggi kepada mahasiswa baru 2009 secara resmi dimulai.
Tidak kurang dari lima ribu mahasiswa baru dari enam fakultas yang ada di UM serentak berpakaian rapi hitam putih lengkap dengan almamater dan topi berlogo UM menyiratkan bahwa mereka telah siap mengikuti upacara pembukaan mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Perguruan Tinggi (PKPT) dengan tertib dan damai.
Selama dua hari seluruh mahasiswa baru UM mengikuti pengenalan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) melalui pementasan dan pagelaran kemudian dilanjutkan dengan Open House di masing-masing UKM. Dua hari berikutnya mahasiswa baru mendapat materi tentang pengenalan kehidupan kampus di masing masing fakultas.
Ada beberapa perubahan pada PKPT kali ini, pertama, waktu pelaksanaan yang lebih singkat hanya empat hari (12-15/8), berbeda dengan tahun-tahun lalu yang diadakan selama kurang lebih enam hari. Kedua, atribut-atribut yang dibawa oleh mahasiswa baru relatif lebih sedikit dari biasanya, hal ini dikarenakan adanya pembatasan dari pihak kampus terhadap barang-barang yang dapat membahayakan, yakni sebagai langkah antisipasi terhadap hal-hal yang tidak diinginkan.
Adanya perubahan-perubahan peraturan dalam PKPT tersebut nampaknya cukup berdampak positif, mahasiswa baru dapat mengikuti materi pengenalan kampus dengan antusias, sekaligus dapat mencegah kebosanan dari peserta. Hal yang lebih penting adalah PKPT kali ini dapat berlangsung lancar dan damai, tanpa adanya hal-hal yang tidak diinginkan sesuai dengan tema yang diusung oleh panitia.
Acara ini ditutup dengan saling maaf -memaafkan antara panitia dengan mahasiswa baru yang dilakukan di fakultas masing-masing, berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dilakukan secara bersama-sama di halaman utama gedung A2, hal ini dilakukan  untuk mempersingkat waktu dan menghindari pergeseran antar fakultas.Fam