Perpustakaan adalah bagian yang tidak mungkin dipisahkan dari sebuah komunitas akademik. Setiap komunitas akademik pasti butuh bahan bacaan, bahan kajian, dan informasi tentang pengetahuan baru. Semua itu bisa didapatkan di perpustakaan.
Kampus UM sebagai sebuah komunitas akademik juga tidak dapat mengesampingkan fungsi perpustakaan yang sudah menjadi sebuah kebutuhan bagi setiap mahasiswa, untuk itu upaya untuk mengembangkan perpustakaan di UM juga semakin digalakkan. Di segi fasilitas, perpustakaan UM mencoba memberikan pelayanan kepada mahasiswa melalui jaringan internet, salah satunya adalah dengan meluncurkan program baru berupa E-jurnal. Program ini menyajikan 16 database jurnal dengan sekitar 15 ribu judul penelitian yang bisa diakses online. Dengan adanya E-jurnal diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam mencari referensi penelitian. Karena menggunakan sistem online maka mahasiswa tidak perlu lagi pergi ke perpustakaan hanya untuk membaca jurnal penelitian, hanya tinggal mengakses melalui internet saja, jurnal penelitian sudah bisa didapatkan.
E-Jurnal mulai dilaunching pada bulan juli 2009, dan untuk memperkenalkan kepada seluruh sivitas akademika UM maka pengurus perpustakaan telah melakukan proses sosialisasi di tiap fakultas dengan menjelaskan kepada semua kajur yang ada di UM tentang keberadaan dan cara mengakses E-jurnal. Dan hasilnya sampai bulan Desember 2009 jumlah judul penelitian yang telah diunduh sudah mencapai 24346 judul. Hal ini menunjukkan respon mahasiswa terbilang cukup tinggi.
Program ini menjadi penting bagi mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir, skripsi, tesis, atau desertasi tidak perlu lagi menghabiskan waktu sampai berjam-jam untuk mencatat laporan penelitian di perpustakaan. Mahasiswa dapat mengakses jurnal ilmiah dari manapun mahasiswa berada, misalnya di tempat KKN, PPL. Tentu ini akan sangat membantu mahasiswa.
Selain itu, untuk memudahkan mahasiswa dalam mencari buku referensi, perpustakaan telah menyediakan katalog online (www.library.um.ac.id) sehingga mahasiswa dapat mencari judul buku yang ingin dipinjam tanpa harus datang langsung ke perpustakaan, mahasiswa dapat mengetahui apakah buku yang dicari ada di perpustakaan atau tidak. Sehingga saat mahasiswa datang ke perpustakaan bisa langsung mengambil buku yang dicari di rak buku. Kemudahan dalam mencari referensi ini tentu mempersingkat waktu bagi mahasiswa dalam menyelesaikan tugas-tugas kuliah yang pada akhirnya diharapkan dapat mempersingkat masa studi mahasiswa
Dalam segi pelayanan, perpustakaan UM juga selalu melakukan pembaharuan, layanan baru yang disajikan adalah layanan sirkulasi mandiri. Layanan ini akan memudahkan mahasiswa yang ingin meminjam buku di perpustakaan, mahasiswa tidak perlu lagi antri menunggu giliran untuk meminjam buku tapi bisa langsung memasukkan sendiri kode buku yang akan dipinjam. Setiap mahasiswa mempunyai user ID dan password masing-masing. User ID yang digunakan adalah Nomor Induk Mahasiswa (NIM) sedangkan untuk passwordnya mahasiswa dapat memilih sendiri sehingga terjaga privasinya.
Pembaharuan yang dilakukan oleh UPT perpustakaan pusat UM ini dilakukan untuk mengakomodasi kebutuhan mahasiswa terhadap ilmu pengetahuan dan informasi. Untuk itu kepala UPT perpustakaan pusat UM, bapak Darmono saat diwawancarai mengatakan “saya harap mahasiswa dapat menjadi partner dalam pengembangan perpustakaan di UM”. Pernyataan ini mengandung arti bahwa mahasiswa tidak hanya sebagai penikmat fasilitas perpustakaan tetapi juga diharapkan dapat turut menjaga koleksi-koleksi literatur serta fasilitas-fasilitas yang disediakan agar nantinya dalam pembaharuan perpustakaan ini pengelola dan mahasiswa sebagai pengguna dapat berjalan searah.
Selain fasilitas E-jurnal dan layanan mandiri di atas, perpustakaan UM masih akan terus berusaha mengembangkan fasilitas dan layanan perpustakaan. Seperti saat ini perpustakaan akan mengusahakan adanya kliping  online, mengusahakan terintegrasinya semua perpus yang ada di kampus UM baik yang ada di tingkat jurusan, fakultas, maupun pusat, sehingga perpustakaan di masing-masing fakultas dapat juga di akses oleh semua mahsiswa UM. Dan yang paling menarik adalah perpustakaan berencana mengadakan pemutaran film-film yang bermuatan pendidikan, sejarah, maupun moral sehingga tidak hanya referensi tulisan saja yang dimiliki mahasiswa tetapi juga referensi film. Semoga rencana-rencana program baru ini cepat terlaksana. ?Afm