Menulis lebih mudah, tanpa stres, dan dengan hasil lebih baik menjadi Quantum Writer merupakan pembuka yang cukup manis bagi buku ini. Pada bagian pembuka tersebut, Anda akan dipertemukan dengan sistem PAK. Maksudnya adalah apa pun pikiran dan ide yang terpikir oleh Anda yang terasa adalah cepat, kuat, dan terkendali. Penulis buku ini berharap agar rasa yang kita rasakan saat menulis adalah mudah, kuat, dan memuaskan. Bagaimana caranya?


Salah satu kehebatan menulis adalah Anda bisa memakai topi kreatif dan topi kritik sekaligus keterampilan sukses seumur hidup yang akan Anda gunakan di empat langkah sistem PAK. Sistem PAK terdiri dari empat langkah yang bisa mengantarkan Anda sebagai Quantum Writer. Pertama, pusatkan pikiran Anda, tuliskan beragam ide, dan poin-poin utama! Kedua, atur poin-poin utama Anda dalam peta pikiran dan sebuah kerangka! Ketiga, karang, yaitu fokus pada target penulisan dan buat draf karangan! Keempat, optimalkan tulisan Anda, buat menonjol!
Langkah-langkah tersebut dijelaskan dan dijabarkan dengan jelas dalam bentuk bab per bab di dalam buku ini. Pusatkan pikiran Anda di Bab Pertama. Pada bab ini dijelaskan bagaimana mengatur semua bahan atau ide dan mengubahnya menjadi sebuah tulisan. Pemusatan pikiran bisa diawali dengan lihat, katakan, dan gambarkan (hlm. 22—25).
Cara mengatur sebuah tulisan bisa Anda pelajari pada Bab Kedua buku ini. Ada dua strategi yang bisa digunakan untuk mengatur curah gagasan yang akan Anda tuliskan. Strategi tersebut adalah peta pikiran dan kerangka. Peta pikiran dimulai dengan menanyakan pada diri sendiri apa ide dan poin utama tulisan Anda. Sementara itu, strategi kerangka membantu Anda membangun ide dan menuntun pembaca menjelejahi tulisan Anda. Sebuah paragraf kuat mengandung ide utama, detail, contoh, dan kesimpulan (hlm. 34—37).
Bagaiamana memulai sebuah tulisan? Anda bisa menemukan jawabannya dengan membaca Bab Ketiga buku ini. Selain itu, di jelaskan pula tentang strategi Target. Target yang dimaksud di dalam buku ini adalah  singkatan dari Time (waktu), Audience (pembaca), Reason (alasan), Goal (tujuan), Excitement (semangat), dan Tone (nada). Nah, bab terakhir dari buku ini adalah bagaimana cara menjadikan tulisan Anda sebagai tulisan yang hebat. Jadi, mulai sekarang Anda tidak perlu stres jika harus dihadapkan pada aktivitas menulis karena buku ini bisa mengatasi kesulitan Anda dalam menulis.

?    Peresensi adalah alumni FS UM dan Guru Bahasa Indonesia SMAN 3 Malang