Indonesia masih mempunyai masalah tentang bagaimana mengolah sampah. Biasanya, sisa-sisa produksi tersebut hanya terbuang sia-sia. Padahal jika diolah sedemikian cerdas dengan sentuhan sains pasti akan mendapatkan produk bermutu. Di kalangan masyarakat sendiri sudah dikenal suatu metode untuk mengolah sampah. Metode tersebut dikenal dengan nama 4R, yaitu reduce, reuse, recycle, dan repair. Dengan metode tersebut, sampah dan sisa hasil produksi dapat dimanfaatkan kembali sehingga dapat mewujudkan Indonesia yang lebih hijau dan sehat. Atas dasar inilah Forum Studi Sains dan Teknologi (FS2T) FMIPA Universitas Negeri Malanf (UM) mengadakan National Scientific Paper Competition (NSPC) 2010 dengan tema “4R (Reduce, Reuse, Recycle, dan Repair) Method for Green Indonesia” yang bertujuan untuk mengasah kemampuan berpikir dan memberikan wadah untuk menuangkan sebuah solusi yang cerdas mengenai permasalahan sampah di masyarakat.
Acara puncak yang dilaksanakan di Aula FMIPA UM (10/10) ini diikuti oleh lebih dari tujuh puluh tim karya tulis siswa-siswi SMA/sederajat se-Indonesia. Setiap tim beranggotakan satu s.d. tiga orang. Namun, yang berhak dipresentasikan hanya sepuluh karya terbaik yang telah diseleksi  oleh dewan juri.  Finalis berkesempatan mempresentasikan karya dan memamerkan produk dari ide yang dibuatnya.
Acara ini berlangsung seru karena sepuluh finalis menampilkan berbagai macam produk yang dibuat berdasarkan ide kreatif mereka. Tim dari SMAN 4 Bojonegoro misalnya,  memeragakan alat pengukur cuaca yang terbuat dari sampah anorganik seperti sedotan, plastik, dan botol bekas. Pembuatan alat dari sampah anorganik juga menginspirasi tim dari SMAN Mojoagung Jombang untuk menghasilkan pompa air. Tidak hanya berupa alat, tetapi ada tim yang mengolah sampah organik menjadi bahan campuran makanan yang berpotensi seperti tim dari SMA Negeri 3 Pamekasan yang mempresentasikan tentang pemanfaatan kitosan pada kulit dan kepala udang dalam pembuatan es krim.
Setelah melalui penjurian yang ketat, tim juri yang terdiri dari Bapak Purbo Suwasono, Prof. Dra. Herawati Susilo, M.Sc. Ph.D.  dan Dra. Surjani, Ph.D.  akhirnya memutuskan juara II diraih oleh tim dari SMAN 10 Malang, juara II diraih tim dari SMA Negeri 3 Pamekasan, dan juara III diraih oleh tim dari SMAN Mojoagung Jombang. Para pemenang berhak membawa pulang piagam penghargaan, piala, dan uang pembinaan.Jul