Dalam rangka pengembangan di bidang pembelajaran, UM melancarkan upaya baru, yakni menjalin kerja sama dengan Universitas Lambung (Unlam) Mangkurat, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Kerja sama tersebut dilegalkan melalui penandatanganan MoU di Gedung Rektorat UM A1 lantai I pukul 10.00 WIB pada Rabu (16/02).
Menurut keterangan Prof. Dr. H. Suparno saat memberi sambutan, kerja sama ini sudah lama diwacanakan. Beliau mengaku bangga dan nampak antusias untuk berjoin dengan Unlam di bidang pengembangan kelembagaan dan pendidikan. Pengembangan ini mencakup beberapa aspek, yakni dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.  Dalam wujud dibukanya  Prodi S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggis serta S3 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Unlam. Dalam wawancara secara intensif, Bapak Iskandar selaku Pembantu Rektor IV menjelaskan bahwa nantinya UM akan mengirim tenaga pengajar untuk upaya pengembangan pembelajaran. Selain itu, bentuk kerja sama lain yang dijalin yaitu berupa kerja sama penelitian antara UM dengan Unlam. Di tengah sambutannya, Prof. Dr. H. Muhammad Ruslan, M.S., Rektor Unlam mengatakan bahwa banyak sekali potensi di daerah Kalimantan Selatan yang bisa dikaji, digali, dan dikembangkan.
Hal lain yang melatar belakangi penandatanganan MoU ini  adalah keputusan Direktorat Jendral Perguruan Tinggi untuk memberi peluang terhadap perguruan tinggi yang ingin membuka prodi baru, tapi belum mempunyai persyaratan SDM yang memenuhi. Usai penandatanganan MoU, acara dilanjutkan dengan studi banding mengenai pengembangan dan pengelolaan Badan Layanan Umum (BLU). Acara dilanjutkan dengan pembahasan mengenai kemahasiswaan dan manajerial alumni UM di Banjarmasin serta pengelolaan penerbitan oleh UM Press.
Kerjasama ini merupakan suatu kehormatan bagi UM sehingga impian UM untuk menjadi paran pitakon dan The Learning University telah terwujud. Tidak hanya secara intern, tapi UM mampu melebarkan kiprahnya di kalangan masyarakat luar.  Prof. Dr. H. Suparno sepenuhnya berharap agar kerja sama ini  benar-benar mampu meningkatkan hubungan kemitraan antara dua belah pihak dan menjadi bentuk kerja sama yan aktif.Dha