Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Teater Hampa Universitas Negeri Malang (UM) mempunyai cara tersendiri untuk memperingati Hari Teater Sedunia ke-50 yang jatuh pada 27 Maret. Senin (28/03), anggota Teater Hampa melakukan performa di tiga tempat, antara lain di depan Pujasera, di depan gedung D8 Fakultas Sastra (FS), dan di bagian pojok bangunan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP). Di tiga tempat tersebut, mereka menampilkan gerak teatrikal dan pembacaan puisi. ”Alasan pemilihan tiga tempat tersebut adalah kami mencari yang massanya banyak dan yang kiranya tertarik dengan performa kami,” ujar Giati selaku ketua pelaksana kegiatan.
Tema yang dicanangkan adalah ”Pesan Aksi Perdamaian dan Persatuan”. Pesan tersebut dimaksudkan untuk menggambarkan keadaan teater-teater pada umumnya yang belum bersatu dan masih hidup sendiri-sendiri. Tema tersebut tercermin dari gerak teatrikal yang mereka suguhkan. Awalnya, mereka bergandengan tangan dua orang-dua orang, tapi akhirnya semua bergandengan tangan membentuk lingkaran untuk membangun kekuatan yang lebih besar.
Di tengah penampilan gerak teatrikal dan pembacaan puisi, ada salah seorang anggota yang berkeliling mengedarkan kaleng sumbangan. Uniknya, ada arti lain yang dipaparkan oleh ketua pelaksana mengenai hal tersebut. Tujuan utama mereka tidaklah untuk mengumpulkan uang sebanyak-banyaknya demi kepentingan pribadi, tapi lebih kepada simbolisasi kedaan teater di berbagai tempat. ”Kebanyakan teater pada umumnya dalam kedaan miskin. Untuk melakukan penampilan, mereka harus meminta sumbangan terlebih dulu. Padahal semua itu hanya untuk menunjukkan bakat dan kreativitas.”
Untuk lebih memantapkan misi mempersatukan teater di Indonesia pada umumnya dan teater yang ada di UM pada khususnya, Teater Hampa mencoba menggandeng anggota dari teater lain yang ada di UM. Dari sembilan komunitas teater di UM, hanya dua perwakilan yang bisa tampil bersama lima belas anggota teater Hampa pada penampilan kali ini. Satu orang dari teater Al-Karomi Sastra Arab dan satu orang lagi dari teater Hitam Putih Fakultas Ekonomi (FE).Nur