Oleh Azizatuz Zahro

Ibu-ibu ternyata memiliki ketertarikan yang luar biasa untuk menjadi wartawan. Hal ini terungkap dalam kegiatan pembelajaran untuk penerbitan koran ibu yang dilaksanakan oleh PSW UM.  Kegiatan ini didanai oleh Direktorat Pendidikan Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Nonformal dan Informal (PNFI), Kementerian Pendidikan Nasional dalam rangka untuk meningkatkan keberaksaraan perempuan yang rata-rata masih tertinggal.
Karena para peserta adalah para ibu yang sudah jarang memegang alat tulis, dalam setiap pembelajaran selalu ada kejadian yang manarik. Beberapa peserta ternyata ada yang masih belum hafal dengan huruf-huruf tertentu. Untungnya para pembimbing dari PSW UM yang didampingi beberapa kader PKK sangat telaten menghadapi perilaku para ibu. Hasilnya, sebuah tabloid bernama Kabar dari Ibu kini tersebar  ke berbagai daerah setelah dipamerkan pada kegiatan hari Aksara yang dipusatkan di halaman luar stadion Kanjuruhan, Sabtu (11/12/10).
Tabloid tersebut tampil dengan sampul manarik seperti tabloid umumnya. Selain berita, Kabar dari Ibu juga menyuguhkan tulisan para ibu yang berisi pengalaman sehari-hari yang berhubungan dengan kesehatan, pendidikan, usaha, kecantikan, dan kuliner. Profil dan kisah yang dapat menjadi pelajaran bagi pembaca juga dihadirkan sehingga keberadaan Kabar dari Ibu dapat menjadi sarana belajar yang bermakna. Hal yang membedakan Kabar dari Ibu dengan tabloid wanita umumnya, tulisan dalam tabloid ini adalah tulisan para ibu PKK dan peserta program Keaksaraan Fungsional (dahulu Kejar Paket A/setara SD) yang sebagian dihadirkan dalam bentuk tulisan tangan asli.
Ketua PSW, Yuni Pratiwi berharap Kabar dari Ibu menjadi embrio tabloid ibu yang dapat diterbitkan setiap bulan. Oleh karena itu, diperlukan terobosan lain karena PNFI hanya mendanai penerbitan tabloid tersebut dalam dua edisi dengan jumlah penerbitan masing-masing edisi lima ratus eksemplar.
Setelah merasakan banyaknya manfaat Kabar dari Ibu, PKK desa Tegalgondo, Karangploso, Kabupaten Malang, tempat dilaksanakanya program tersebut berencana mengupayakan penerbitan tabloid tersebut secara berkala. Rencananya, April 2011 ini, Kabar dari Ibu akan terbit dengan dana patungan dari PKK dan PSW.

Penulis adalah Ketua Devisi Bidang Pendidikan dan Pengajaran PSW UM