Ingin menunjukkan eksistensinya, UKM Himpunan Mahasiswa Penggemar Foto­grafi (Himafo) menggelar pameran bertajuk “Capture for Pleasure” yang ber­tempat di Joglo Perpustakaan UM. Ber­langsung selama empat hari (05-08/03), pameran yang bertujuan untuk kepuasan memotret ini, menyita perhatian para pengunjung perpustakaan.
Awalnya, para anggota muda me­nyerahkan foto sebanyak-banyaknya de­ngan berbagai jenis dan teknik kepada kurator atau senior Himafo untuk diseleksi. Tidak kurang dari 90 karya telah dikantongi un­tuk pameran, namun hanya 40 karya yang lolos seleksi. “Saya rasa para kurator melihat dan menyeleksi foto-foto ini berdasarkan teknik dan komposisi pemotretan,” ungkap Gama, ketua pelaksana pameran yang juga berstatus sebagai anggota muda.
Berbagai jenis foto karya anggota muda angkatan ke-28 tersebut dipamerkan. Mulai dari Landscape, Makro, hingga Human Interest. Penggunaan teknik memotretnya pun bermacam-macam, seperti teknik panning, siluet, doft, serta stop action. Sebagai pelengkap, penyelenggara juga memasang kotak kritik dan saran dengan harapan berbagai respon positif maupun negatif akan dilayangkan demi perbaikan pameran ke depannya.
Tepat pada hari terakhir, Kamis (08/03), dilaksanakan sarasehan sebagai penutup pameran. Berbagai UKM Fotografi se-Malang pun turut memeriahkan suasana seperti halnya Jufoc (UMM), Ricaro (Unibraw), G-Phoc (Uniga), Format (ITN) dan Jepret (UIN). Tidak ketinggalan pula, turut andil Forkom FM alias komunitas alumni fotografi Malang.
Bermula sejak pukul 16.30 WIB, fotografer mempresentasikan karya mereka. Meski karya yang dipamerkan berjumlah 40, namun hanya sekitar separuh fotografer yang hadir dan mempresentasikan karya.
Sarasehan yang berfungsi sebagai sha­ring itu juga sempat diwarnai kepulan asap rokok yang menebal. Meski demikian, keseriusan sarasehan sama sekali tidak berkurang. Terbukti dengan munculnya berbagai pertanyaan menarik.
Dalam pameran ini, mereka tidak hanya belajar mendalami fotografi sehingga hanya menjadi sebuah ajang pamer. Terjalinnya afiliasi antar komunitas fotografi se-Malang pun menjadi salah satu nilai tambah bagi para anggota yang masih baru.Rima