Pekan Arabi Internal (PAI), salah satu program kerja tahunan HMJ Sastra Arab, kali ini digelar selama empat hari. Bermula sejak Senin (02/04) hingga Kamis (05/04). Rangkaian acara yang berisi berbagai jenis perlombaan berbasis Bahasa Arab ini melibatkan para mahasiswa Sastra Arab sebagai panitia sekaligus peserta dan para dosen jurusan sebagai juri. Tidak hanya bertempat di gedung Fakultas Sastra, aula masjid pun ikut dijadikan salah satu lokasi perlombaan.
Berbagai ajang perlombaan berbahasa Arab ini diikuti para peserta dengan antusias. Perlombaan tersebut meliputi lomba seminar, baca puisi Bahasa Arab, tulis cerpen Bahasa Arab, lomba membaca kitab tanpa harakat, imathah (cerdas cermat), jidal (debat), tamtsil (drama), khitobah (pidato) lomba futsal, dan duta Arab.
Tahun ini, “Duta Arab” merupakan ajang perlombaan terbaru. Peraturannya, setiap kelas dari tiap angkatan (2011–2009) mengirimkan dua orang perwakilan putra dan putri yang dianggap berkompeten untuk mengikuti “Duta Arab”. Dalam ajang tersebut, masing-masing dari peserta diberikan kesempatan untuk menampilkan profil, kemudian juri menanyakan beberapa per­tanyaan terkait peng­etahuan ten­tang jurusan, dan seputar dunia Arab yang meliputi budaya dan geografi. Kemudian masing-masing pasangan dipersilahkan untuk menampilkan performance. Dalam unjuk bakat tersebut, peserta ada yang menampilkan puisi, bermain gitar, dan telling story. Tentunya semuanya tidak terlepas dari penggunaan bahasa Arab.
“Sebenarnya inovasi duta Arab sendiri itu berawal dari adanya “Jaka-Rara” sehingga kami mengadopsinya versi Arab dengan nama duta Arab, selain itu juara duta Arab ini nantinya diharapkan bisa mewakili ketika ada kunjungan ke berbagai universitas,” papar Dinyak, sekretaris PAI ketika diwawancarai.
Rangkaian acara ini ditutup dengan Al Marabi, yaitu penutupan Pekan Arabi pada Kamis (05/04). Dalam penutupan, diumumkan pemenang ma­sing-masing perlombaan sekaligus penyerahan penghargaan.Rima