Go Blogging merupakan terobosan ter­­­baru da­ri Pusat Teknologi Infor­masi dan Komunikasi (PTIK) yang bertujuan untuk menyampaikan pendapat, ide dan pengetahuan, komunikasi antar pengguna blog serta untuk tujuan akademis antara dosen dan mahasiswa. Dengan adanya blog resmi dari UM, yaitu blog.um.ac.id diharapkan semua sivitas UM bisa mengembangkan tulisannya dalam blog. Blog yang diresmikan pada 1 Desember 2011 ini juga bisa bertujuan untuk mengetahui tulisan yang akan dibaca dalam internet sehingga mahasiswa lebih hati-hati dalam menulis dan keaslian tulisan bisa terjaga. Blog tersebut hanya bisa diakses dan digunakan untuk sivitas akademika UM, bukan untuk mahasiswa luar UM.
Untuk bisa bergabung dalam blog UM terbilang cukup mudah, yaitu dengan membuka blog.um.ac.id lalu register online. Ke­mudi­an kita melengkapi data dengan mengisikan nama, NIM, dan alamat surel untuk mengecek apakah mahasiswa UM atau bukan, lalu posting. Cek identitas, isi kata kunci lalu dikonfirmasi via surel . Setelah itu, kita bisa mengakses blog UM. Pengenalan blog resmi UM sudah dilakukan dengan berbagai cara, antara lain: sosialisasi lewat web UM, pemasangan spanduk serta workshop pengembangan media pem­belajaran inovatif menggunakan blog untuk para dosen dan mahasiswa yang aktif di UM. Akan tetapi, pengenalan blog resmi UM ini juga banyak hambatan, seperti banyaknya admin yang perlu pelatihan, keterbatasan SDM pengelola, dan ketersediaan akses bagi mahasiswa, dimana sebagian dari mahasiswa masih belum mempunyai lap­top dan belum mengerti tentang blog. Pihak universitas memberikan solusi dengan menyediakan akses wifi bebas di depan gedung PTIK, perpustakaan, gedung A3, dan di setiap fakultas.
“Dengan adanya blog resmi UM tersebut, diharapkan semua sivitas UM bisa mengerti tentang blog. Kemudian dosen-dosen juga me­manfaatkan blog untuk media pem­belajaran, lalu sharing ide melalui blog. Kami juga melakukan beberapa te­r­o­bosan di dalam blog tersebut dengan pe­nambahan fitur, streaming video dan multimedia untuk memotivasi para sivitas akademik UM, utamanya mahasiswa untuk melakukan blogging dan mengembangkan ide,” ujar Kepala Pusat PTIK UM, Dr. Muladi S.T.,M.T.Ali