Himpunan Mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia (HMJ Sasindo) menyuguhkan wadah bagi mahasiswa untuk berkarya dan bersastra dalam acara Griya Bahasa dan Sastra yang diselenggarakan pada Rabu (07/03) di gedung E8. Acara yang dikemas dalam bentuk sarasehan ini mengambil tema “Memasyarakatkan Teater di Era Global” dengan pemateri Indra Suherjanto S.Pd, M.Sn yang juga merupakan Dosen Sastra Indonesia. Dalam kesempatannya, ia mengulas topik, “Revitalisasi Teater di Era Global.”
“Kenapa kita harus repot-repot me­masyarakatkan teater di era global?” tanya Indra di sela-sela menyampaikan materi. Ia kemudian memaparkan jawaban dari pertanyaan yang diajukan pada para peserta dengan membahas secara detail satu-persatu permasalahan dan penyelesaiannya.
Salah satu masalah yang disorot adalah globalisasi yang memengaruhi posisi teater dalam merepresentasikan budaya masyarakat. Memudarnya fungsi teater sebagai representasi budaya masyarakat ini dapat diatasi dengan menumbuhkan inovasi serta berbagai macam ide kreatif dalam berkesenian.
Indra menambahkan ”Kita tidak akan bisa menahan, kita juga tidak akan bisa melawan globalisasi, oleh karena itu sudah saatnya kita berani melakukan sebuah inovasi dalam berkesenian.”
Acara Griya Sastra kali ini juga dimeriahkan oleh penampilan dari minor drama Sastra Indonesia 2010, Komunitas Lawak Senyum Membawa Sukses, dan mahasiswa Sastra Indonesia dari Kep. Aru. Ardi