Untuk pertama kalinya, mahasiswa penerima Beasiswa Bidik Misi UM “diajak” mengikuti berbagai Program Pembinaan, yakni Pelatihan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah yang bersifat wajib (03-04/12), Pelatihan Kewirausahaan (15/12), dan Training Motivasi Berprestasi (16-17/12). Berbagai pelatihan ini bertujuan untuk memberi wawasan kepada mahasiswa baru, terutama penerima beasiswa Bidik Misi tahun 2011 agar mampu mempercepat adaptasi dengan iklim akademik dan iklim kreativitas di UM.
Hadir sejumlah 510 mahasiswa dari jumlah total 530 mahasiswa penerima Beasiswa Bidik Misi dalam kegiatan penyusunan karya tulis. Panitia menyediakan ruangan besar, yakni aula FMIPA UM, tapi karena besarnya jumlah peserta yang melampaui jumlah pendaftar, akhirnya mahasiswa terpaksa berdesak-desakan. “Saya tidak ada masalah harus berdesak-desakan dengan para peserta yang lain. Yang terpenting bagi saya adalah mendapat ilmu yang bermanfaat, menambah pengetahuan, dan memenuhi kewajiban untuk mengikuti pelatihan ini,” aku mahasiswa FIP ini. “Namun, mohon agar pada pelatihan berikutnya kapasitas ruangan lebih dipertimbangkan agar kegiatan berjalan dengan lebih maksimal dan lebih nyaman,” tambah gadis berpenampilan sederhana ini. Untuk kegiatan ini, panitia menghadirkan pemateri dari UM, yakni Dr. Waras, M.Pd dan Prof. Dr. Hariyono, M.Pd serta para Tim Pengembang bidang Penalaran Universitas. Dalam Pelatihan Karya Tulis ini dilanjutkan dengan pembimbingan penulisan hingga lomba dan presentasi 10 besar terbaik serta disediakan uang pembinaan.
Sementara itu, pada pelatihan Kewirausahaan, jumlah peserta tidak sebanyak pada pelatihan karya tulis karena pelatihan ini tidak bersifat wajib. Ratusan mahasiswa memadati ruang aula utama gedung A3 lantai II UM. Hadir sebagai pemateri dalam kegiatan ini adalah Ruslan Felano, S.E., M.M dan Agung Wicoro, S.Pd., M.Kes. Kegiatan yang dimulai pukul 08.00 WIB ini berlangsung tertib. Mahasiswa dengan antusias mendengarkan paparan dari Bapak Alan, demikian sapaan akrab pemateri tersebut. Menurut Bapak Alan, materi Kewirausahaan perlu konsen diberikan kepada mahasiswa karena mahasiswa memiliki banyak ide kreatif, idealisme tinggi, dan kemauan tinggi, serta mahasiswa dapat membantu pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran.
Keesokan harinya, Training Motivasi Berprestasi juga diselenggarakan. Sebuah pelatihan dengan tujuan memacu semangat dan motivasi para mahasiswa baru. Pelatihan ini dikemas menjadi dua hari. Separuh peserta diposisiskan pada Jumat (16/12) dan sebagiannya lagi hari Sabtu (17/12). Hal ini dilakukan panitia dengan tujuan untuk ketertiban jalannya kegiatan karena jumlah peserta yang mencapai ratusan.Nid