Siapa yang tidak mengenal film Garfield? Film kartun dengan karakter kucing belang berwarna oranye kehitaman ini ternyata digarap oleh Infinite Studios dengan Denis Deegan sebagai salah satu animation supervisor-nya. Bukan hanya Garfield, Infinite Studios juga menjadi production house dari film Lucky Luke dan Franklin and Friends.
Tepatnya pada Rabu (07/03), Denis beserta tim dari Infinite Studios berkunjung sekaligus memberikan materi di Sasana Budaya dalam seminar yang berjudul “An Animated Afternoon” yang diadakan oleh Jurusan Seni dan Desain. Acara ini dihadiri sekitar 330 peserta, yang terdiri dari kalangan mahasiswa, pelajar dan guru SMK, dan perwakilan dari studio animasi.
Materi dalam seminar kali ini dibagi menjadi dua tahapan, yaitu mengenai Industri Kreatif dan Animator as an Actor. Materi pertama mengambil topik, “Memicu Kreatifitas di Tengah Industri Kreatif’” yang disampaikan oleh Dr. Mulyadi Pranata, M.Pd. Dalam kesempatannya, Mulyadi berkata, “Sumber daya alam dapat menipis dan habis, namun lain halnya dengan sumber daya insani, yaitu kreatifitas yang tidak dapat habis.”
Materi kedua mengulas tentang “Animation as An Actor” yang dibahas oleh Denis Deegan. Pada kesempatan awal, Denis menirukan berbagai macam cara berjalan seseorang yang menurutnya dapat memengaruhi karya animasinya.Kemudian Denis mulai menerangkan tahap pemrosesan animasi.
Denis juga mengungkapkan bahwa jalan cerita sebuah film lebih penting daripada karakter yang memainkannya. Jika jalan cerita tersebut menarik, namun karakter tokohnya kurang ekspresif, cerita tersebut masih dapat tertolong. Namun bila karakter berperan bagus, sedangkan jalan ceritanya tidak menarik, dapat dipastikan film tersebut akan membosankan.
Acara diakhiri dengan penyerahan cindera mata dari pihak UM dan Infinite, guna mempererat hubungan dan meningkatkan kerjasama antara kedua pihak. “Pada kegiatan yang dilangsungkan sore ini, yang diharapkan adalah agar mahasiswa tahu tentang animasi dan industri kreatif,” harap Nurul Murtadho, selaku Pembantu Dekan I FS.Ardi