Sebentar lagi tahun ajaran akan berganti. Hal tersebut menandakan bahwa prosesi regenerasi mahasiswa sudah di ambang pintu. Berbagai persiapan pun dilakukan untuk proses regenerasi itu. Baik dari pihak siswa yang akan menjadi mahasiswa maupun kampus UM yang akan menerima mahasiswa baru.
Ditinjau dari kacamata pelajar dan guru SMA/sederajat, UM merupakan universitas yang memikat. Terbukti dengan kunjungan lewat program study tour yang diadakan oleh sekolah. Melalui data dari Sistem Informasi UM, tercatat 25 SMA/sederajat telah mengunjungi UM mulai bulan Desember 2011 hingga Maret 2012. Bahkan beberapa di antaranya berasal dari luar provinsi, seperti Indramayu (Jawa Barat) dan Tangerang (DKI Jakarta).
“UM kampusnya luas. Asri. Sambutannya juga hangat. Saya jadi tertarik kuliah di sini, namun jauhnya jarak masih jadi pertimbangan”, ungkap Ninik, salah satu siswi SMAN 1 Krangkeng Indramayu, ketika diwancara pada sela-sela study tour (29/02). Ratusan peserta study tour yang terdiri dari pelajar dan guru, biasanya disambut oleh pihak UM di aula gedung A3 lantai 2.
Pihak UM pun sangat kooperatif me­nyambut para tamu yang datang. Di dalam forum tersebut, dipaparkanlah profil UM secara lengkap. Termasuk rincian biaya dan informasi mengenai beasiswa. Antusiasme pelajar terlihat dari pertanyaan-pertanyaan seputar kampus yang menyiratkan rasa penasaran mereka.
“Murid-murid kami mayoritas berlatar belakang ekonomi menengah ke bawah, jadi kami mengusahakan agar mereka mempunyai pandangan perguruan tinggi yang terjangkau namun berkualitas,” papar Bapak Maman, salah seorang Wakasek SMA yang mengikuti rangkaian acara study tour tersebut.
Kegigihan UM untuk melebarkan sayap tidak sekedar menerima kunjungan study tour dan website saja. Ragam usaha lain pun ditempuh, antara lain mengikuti Education Expo, mengadakan kunjungan ke sekolah-sekolah daerah, melayani tanya jawab seputar pengetahuan kampus via e-mail dan forum website di sumberkarya.ac.id, pembuatan katalog UM, pengadaan merchandise, dan pembuatan CD UM.
Berbagai upaya tersebut diharapkan mampu membawa nama UM ke kancah nasional. “Dibanding tahun lalu, antusiasme pelajar pada UM di tahun ini mengalami peningkatan. Kami akan terus menggalakkan promosi, baik itu melalui website, kunjungan, maupun pameran,” tegas Ir. Ma’arif, Pemimpin Sistem Informasi BAAKPSI UM.Wida