Demam pemilu telah tiba di penghujung Januari. Bermula dari Senin (16/01) aksi kampanye tulis dilancarkan dengan pemasangan pamflet dan baliho di seluruh sudut UM. Tidak hanya itu, kampanye lisan pun dijalankan dengan apik sejak Rabu hingga Jumat (17-20/01). Kampanye yang melibatkan pihak KPU, para kandidat presma dan capresma, serta tim sukses masing-masing calon tersebut, melakukan orasi dan tanya jawab bersama para mahasiswa di seluruh fakultas secara terjadwal. Dalam kampanye lisan, kandidat presma dan capresma menyampaikan orasi, untuk selanjutnya mendapat tanggapan dari para mahasiswa yang berada di fakultas tersebut.
Pada Selasa (24/01) disambung dengan konvoi yang berlangsung di tiga tempat, yakni di lokasi A yang meliputi Fakultas Sastra (FS), Fakultas Ekonomi (FE), dan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP). Selanjutnya di lokasi B yang meliputi Fakultas Teknik (FT) dan Fakultas Ilmu Sosial (FIS). Sedangkan di lokasi C meliputi Fakultas MIPA, Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK), dan FIS yang bertempat di Jalan Veteran. Dalam konvoi, telah diberlakukan sebuah jadwal bagi masing-masing tim sukses. Pasalnya, diharapkan ketika mereka tengah berkonvoi nantinya tidak terjadi bentrok antar pendukung.
Kamis (26/01) merupakan puncak rentetan kegiatan yakni pemilu raya yang melibatkan seluruh pihak KPU yang tidak kurang dari 31 personil ini. Sebanyak 12 TPS disebar ke berbagai fakultas di UM. Ketua KPU 2011, Rudiyanto, berharap pemilu tahun ini akan mendapat dukungan dari seluruh civitas akademika UM, terlebih para mahasiswa yang notabene memiliki hak pilih. Di samping itu, diharapkan kepanitiaan KPU mampu menjalankan tugas secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.
Hal serupa juga diungkapkan oleh Alfu, salah seorang anggota KPU. Menurutnya, tidak seharusnya mahasiswa bersikap apatis terhadap pemilu raya. “Lebih baik mereka menggunakan hak pilih daripada golput” tandasnya.
“Pada dasarnya semua calon ingin membawa perubahan ke arah lebih baik dengan ideologi dan pilihan masing-masing, tanpa ada gesekan,” ungkap Rudi ketika memberi komentar terkait para kandidat. Rencananya, pengumuman terpilih akan diumumkan pada Februari mendatang.Rima