Tahun 2012 merupakan kesempatan bagi Himpunan Mahasiswa Kimia (HMK) untuk melaksanakan Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) tingkat nasional. Kegiatan ini merupakan tender dari Ikatan Himpunan Mahasiswa Kimia Indonesia (Ikahimki).
Lomba ini diikuti oleh siswa-siswi SMA sederajat  dari seluruh Indonesia dengan tema, “Inovasi Energi Alternatif Tepat Guna”. Tema ini diambil karena maraknya isu kelangkaan energi, terutama kelangkaan BBM. Terhitung dua bulan pendaftaran, dari Maret sampai Mei 2012, total peserta yang terdaftar mencapai 91 tim dengan masing-masing tim berjumlah 2 orang.  Setelah melewati proses penyeleksian oleh juri dari beberapa dosen kimia, terjaring 10 tim terbaik.
Bertempat di Aula FMIPA pada Sabtu (02/06), sepuluh peserta terbaik mem­presentasikan karyanya disertai dengan pertanyaan dari para juri. Kategori pe­nilaian dalam babak final ini meliputi sistematika penulisan, kreativitas gagasan, kesesuaian sumber gagasan dan kelayakan implementasi karya tulis itu sendiri.
Para peserta nampak begitu bersemangat dan antusias mempresentasikan karya mereka. Setelah melalui seleksi yang ketat, dengan mengusung karya ilmiah berjudul “Minyak Lipstik (Limbah Plastik)”, SMAN 5 Madiun keluar sebagai juara pertama, SMA Pondok Pesantren La Tansa Banten diperingkat kedua, dan  SMAN 2 Kuta Bali di posisi ketiga. Sedangkan juara harapan 1 sampai 3 berurutan diraih oleh SMAN 1 Ponorogo, SMA Brawijaya Smart School Malang dan SMK Putra Indonesia Malang.
“Jika para juara ini memang berminat untuk melanjutkan studi di UM ini, kami tentunya akan lebih memperhatikan dan mempertimbangkannya,” ungkap Dr. H. Sutrisno. M.Si, dalam sambutannya.Lailil