Perpustakaan UM kini menambah  lagi fasilitas baru bagi pengunjungnya. Fasilitas tersebut berupa layanan internet gratis bagi mahasiswa UM. Tepatnya di sudut kiri perpustakaan UM, sekitar sepuluh unit komputer disediakan secara gratis bagi mahasiswa UM yang ingin mengoperasikannya. Kesepuluh unit kom­puter ini memiliki akses internet yang sangat cepat, sehingga memudahkan mahasiswa untuk browsing, chatting, dan mencari berbagai macam referensi dari internet. Kecepatan bandwitch internet tergantung pada Pusat TIK UM.
Syarat pengguna layanan internet gratis ini adalah mahasiswa UM yang terdaftar sebagai anggota aktif perpustakaan UM. Selain itu, voucher internet dilarang digunakan oleh pihak lain, penyalahgunaan password login dan layanan sirkulasi mandiri serta segala konsekuensinya merupakan tanggung jawab mahasiswa, dan mahasiswa yang melanggar akan diberi sangsi yang berlaku di perpustakaan UM.
Untuk penggunaannya, pengunjung di­haruskan login di salah satu komputer bagian sirkulasi terlebih dahulu. Kemudian pilih fitur layanan internet gratis di pojok kiri atas monitor. Lalu pengunjung akan mendapatkan password awal (perpusnet), setelah menyetujui persyaratannya. Pass­word ini dapat diubah setelah pengguna mengaktifkan layanan internet gratisnya.
Setelah registrasi, pengunjung dapat langsung login di salah satu komputer layanan internet gratis dengan mengisi user name berupa NIM pengguna dan beserta password-nya. Setiap mahasiswa UM dijatah 129 menit per dua minggu sekali. Apabila jatah tersebut habis, maka pengguna harus menunggu se­lama dua minggu untuk dapat mengaktifkannya kembali. Pada kesempatan terpisah, Kepala Per­pustakaan UM, Drs. Darmono, M. Si. mengatakan bahwa tujuan dibuatnya fasilitas layanan inter­net gratis di perpustakaan UM adalah untuk memfasilitasi mahasiswa dalam mengerjakan tugas kuliah, terutama bagi mahasiswa yang tidak memiliki laptop atau komputer dan tidak mendapatkan akses internet.  Mahasiswa UM sendiri terlihat sangat antusias akan adanya fasilitas  ini. Terbukti, setiap harinya sudut layanan internet gratis ini selalu dipenuhi mahasiswa. “Internet di sini sangat lancar dan cepat sekali, sehingga memudahkan saya untuk men-download buku dan referensi tentang pendidikan dari internet,” komentar Fitri, salah satu pengguna yang merupakan mahasiswa FIP. Ardi