Oleh Eka Nurcahyani

Mahasiswa Psikologi UM harumkan almamater di ajang Psychobattle.

Berbekal keberanian dan pengetahuan dari perkuliahan, kami mengikuti lomba Psychobattle se-Malang Raya. Lomba ini merupakan ajang cerdas-cermat bidang Psikologi yang diselenggarakan oleh Lembaga Psikologi LISFA Universitas Muhammadiyah Malang. Saya -Eka Nurcahyani-, Asri Diana Kamilin, dan Nurbaiti Rohmani, berhadapan dengan 21 delegasi dari kampus lain.
Babak pertama dan kedua yang merupakan babak penyelesaian soal secara tim menempatkan kami di posisi tiga terbawah. Beruntung esok harinya kami lolos dari babak ketiga dan keempat menuju babak kelima.
Babak kelima diisi dengan spelling wanna be. Artinya, para peserta beradu cepat dalam menjawab pertanyaan yang dibacakan oleh Quiz Master. Tim kami berhasil unggul dengan perolehan skor 120 poin. Pada babak grand final, tim kami dihadapkan dengan dua tim dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Kami mendapat giliran mempresentasikan analisis film Sybill berdasarkan teori psikolog Sigmund Freud yang kemudian dilanjutkan dengan pertanyaan dari dewan juri.
Pada pukul 13.00 WIB keluarlah pengumuman para jawara. Juara 1 diraih oleh tim Lentera 1 dari UM, Juara 2 diraih oleh tim Running Girl dari UMM, dan di posisi ketiga diraih oleh tim Achmad Dahlan dari UMM. Panitia juga menyiapkan satu posisi tambahan untuk juara favorit yang diberikan kepada tim Sayang Mama dari UB.
Inilah dedikasi kami yang pertama untuk FPPsi UM yang baru saja berusia 2 bulan lewat 1 hari ketika lomba ini dilaksanakan. Kemenangan ini sekaligus sebagai pembuka jalan bagi lentera dan puluhan nama lainnya untuk mengibarkan panji ungu milik FPPsi UM pada ajang yang lain.
Penulis adalah mahasiswa
Psikologi 2010