Sabtu (22/09) Pengurus Pusat Ikatan Alumni (PP IKA) UM mengadakan Rapat Kerja Nasional (rakernas) tahun 2012. Acara yang dilangsungkan di Aula Utama Gedung A3 lantai II itu diikuti oleh para pengurus wilayah IKA UM se-Indonesia. Hadir di tengah-tengah peserta, yakni ketua umum, Drs. Murdibjono. M.A., ketua 1, Prof. Dr. H.M. Bambang Banu Siswoyo, M.M., dan sekretaris, Dra. Fatmawati.Acara yang dimulai pukul 09.30 WIB itu dikemas secara formal namun akrab. Deretan kursi yang berleter U menambah keakraban suasana di antara para alumni.  Acara dibuka dengan lagu “Indonesia Raya” yang dilantunkan secara serentak oleh para peserta dan dilanjutkan dengan sambutan serta paparan dari ketum IKA Bapak Murdibjono.
Dalam kesempatan tersebut, Pak Murdib, demikian sapaan akrab dosen FS UM itu menyampaikan beberapa hal, antara lain keadaan fisik UM dahulu dan sekarang yang mengalami banyak kemajuan. Selain itu, poin penting yang disampaikan adalah peran penting Pengurus Wilayah (PW) IKA di masing-masing daerah. “Dengan adanya PW IKA di masing-masing daerah dapat mempererat hubungan antara UM dan alumni. Para lulusan fresh graduate UM bisa mendapat informasi tentang lowongan pekerjaan dari para PW karena para anggota PW sudah bekerja di tempat-tempat yang berkualitas, baik skala daerah, nasional, maupun internasional,” paparnya.
Acara ini juga dihadiri oleh Bapak Fahmi, dosen FT UM yang menyampaikan info tentang tracer study, yakni sebuah kegiatan penelusuran data alumni UM beserta tempat kerjanya saat ini. Saat momen berkumpulnya para PW itu, Pak Fahmi menyampaikan hal-hal yang diharapkan dari para PW IKA UM yang hadir.
Acara dilanjutkan dengan keynote speaker dari Direktur DP2M, Prof. Agus Subekti, M.Sc., PhD. Sebagai pembicara, Bapak Agus Subekti menyampaikan kriteria penilaian world class university. Saat bertemu dengan para alumni UM yang telah sukses bekerja di berbagai bidang itu, ia menyampaikan hal-hal yang mendukung sebuah institusi untuk mencapai world class university. “Alumni yang sukses menjadi bagian dari penilaian sebuah institusi menjadi world class university,” tegasnya.
Sambutan dari Rektor UM, Prof. Dr. H. Suparno selaku penasihat ikatan alumni ditempatkan di tengah-tengah acara. Kepada semua peserta, rektor memaparkan banyak hal penting yang berkenaan dengan UM saat ini. Penyampaian tersebut, yakni UM memprospek masa depan mahasiswa dan lulusan yang lebih baik, komitmen yang kuat dari para PW untuk membangun ikatan alumni dengan memberikan sesuatu dengan keberadaan dan potensi yang dimiliki, memperkuat eksistensi alumni, inovasi-inovasi yang berkembang di UM, membangun kampus yang bermartabat, membangun masa depan bersama antara kampus dan alumni serta mengenalkan konsep baru yang diusung UM saat ini. “UM dikembangkan dengan konsep Kampus dalam Taman,” ungkap rektor.
Sharing info berisi per­kenalan masing-masing PW dan info kegiatan PW juga merupakan bagian acara yang tidak ke­ting­galan. Selanjutnya, dis­kusi kelompok membahas rencana kerja PP IKA 2013 dan upaya implementasinya di setiap PW.
Pada bagian ini, kelompok dibagi dua, yakni  kelompok 1 bidang keanggotaan dan bidang organisasi dan kelompok 2 bidang kerja sama dan bidang pendanaan. Di akhir acara, ditutup dengan presentasi masing-masing kelompok dan rencana tindak lanjut yang dipandu oleh Bapak Bambang Banu.
Rakernas tahun 2012 ini membuahkan berbagai macam hasil dari berbagai pandangan dan ide para PW. Hasil rakernas tersebut antara lain kesimpulan diskusi kelompok bidang Keanggotaan dan Organisasi yakni tracer study system online dilengkapi dengan brosur atau sms, menyelenggarakan rakernas secara periodik, dan dibutuhkan naskah berupa tulisan dari para PW untuk penerbitan e-buletin IKA.
Sedangkan kesimpulan diskusi kelompok bidang Dharma IKA UM dan Pendanaan, yakni PW mengidentifikasi alumni yang berhasil untuk ditampilkan di buletin dan di even wisuda, pemberian beasiswa perlu memobilisasi donatur bersama UM, layanan bursa kerja meregistrasi calon user sebagai perusahaan mitra yang dilakukan PP dan PW, dan menjalin hubungan dengan mitra melalui CSR dan sponsor. Acara rakernas ini berlangsung tertib. Nuansa akrab dan ramah juga tetap berlangsung hingga acara usai.Nida