Internet dan media sosial memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia. Kemudahan yang ditawarkan sistem komunikasi instan itu melahirkan banyak potensi bisnis. Itulah topik workshop “Internet, Blog, dan Media” yang diselenggarakan Tempo Media Group bekerja sama dengan Bank Mandiri pada 6-7 Februari lalu. Bertempat di gedung A3 Lantai II, workshop itu diikuti oleh ratusan mahasiswa dari berbagai jurusan. Workshop yang dilangsungkan selama dua hari sejak pukul 09.00 WIB sampai 15.00 itu merupakan bagian dari Mandiri Education Series yang diadakan berseri melalui roadshow di lima kampus lima kota. Masing-masing adalah Universitas Andalas Padang dan Universitas Pasundan Bandung pada pertengahan Desember lalu. Dilanjutkan dengan Universitas Marwadewa Denpasar pada Januari lalu, dan Universitas Malang, serta dipungkasi dengan Universitas Diponegoro, Semarang pada Februari ini.
Kegiatan itu diarah­kan pada upaya pengena­lan dan pemanfaatan media on­line sebagai peluang bisnis mahasiswa, mengingat banyaknya kemudahan dan kecepatan akses informasi yang bisa didapatkan dari internet. Apalagi jika melihat fakta pesatnya pertumbuhan pengguna media sosial di Indonesia. Hal ini semakin mengukuhkan bukti bahwa Indonesia merupakan pasar potensial bagi bisnis online.
Redaktur Eksekutif Tempo, Burhan Solihin mengungkapkan banyaknya manfaat yang dihadirkan internet dan media sosial. Di antaranya, menciptakan peluang bisnis dan menghilangkan halangan dalam belajar. “Ilmu dan pengetahuan bisa digali dari lebih banyak sumber, kesenjangan pengalaman semakin sedikit, dan internet sendiri menjadi ladang baru untuk menempa kemampuan dan menimba pengalaman,” paparnya.
Workshop berlangsung semakin me­narik dengan banyaknya respons dan pertanyaan dari mahasiswa. Puncaknya, panitia memberikan kesempatan pada para peserta untuk mengemukakan proposal bisnisnya untuk kemudian dipilih yang terbaik sebagai aplikasi dari teori yang telah dipaparkan selama materi. Banyak ide segar mengemuka dari para peserta. Salah satunya dari Maristessa Harsal (Sastra Indonesia/2010) yang menggagas “Kisah Temanuskrip” bisnis penulisan biografi melalui facebook. Ide unik itu berhasil mengukuhkannya sebagai peserta terbaik yang berhak atas kesempatan magang bergaji selama tiga bulan di Tempo Media Group. Sementara itu, para peserta yang lain mendapatkan kejutan tersendiri,  masing-masing mendapatkan flashdisk 4 GB secara cuma-cuma!
Melalui workshop itu, diharapkan para peserta mampu memanfatkan internet, blog, dan media sosial sebagai sarana bisnis yang lebih produktif. Apalagi jika dilihat dari masih minimnya minat mahasiswa untuk mengembangkan usaha mandirinya melalui media sosial. “Saya banyak terinspirasi dari workshop ini. Jika mengacu pada ragam proposal bisnis yang diajukan para peserta, saya yakin mahasiswa UM sangat potensial untuk mengembangkan bisnisnya secara kreatif dengan media sosial ini. Ke depannya, saya akan lebih aktif melibatkan internet untuk mengembangkan bisnis saya,” komentar Vira Yohanna (Sastra Inggris/2008), peserta yang juga meruapakan owner Chavira Wire Accessories, salah satu bisnis mahasiswa yang dikelola dan dibina oleh Bank Mandiri.Fida