Pengurus Rumah Tangga Asrama (PRTA) mahasiswa UM menggelar serangkaian kegiatan Program Kreativitas Asrama (PKA) pada tanggal 1-3 dan 8-10 Maret lalu. Kegiatan yang bertemakan Tingkatkan Kreativitas, Eratkan Solidaritas, Junjung Tinggi Sportivitas itu merupakan kegiatan yang rutin diadakan setiap tahun dalam rangka mengembangkan bakat dan minat warga asrama. “Sesuai dengan tema yang diusung, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi wadah untuk meningkatkan potensi akademik dan non-akademik yang kalian miliki. Bukan mencari juara, tapi lebih pada melatih sejauh mana sportivitas dapat membawa kita mempererat solidaritas,” sambut Agus Hartono, S.Pd., selaku Pembina Asrama Mahasiswa UM.
“Kegiatan yang digelar pada akhir minggu pertama dan kedua bulan Maret ini dilaksanakan terpisah, yaitu di Asrama Putri (bangunan Rusunawa UM), Jalan Semarang No.5 dan di Asrama Putra (bangunan Asrama UM), Jalan Veteran No.15. Hal ini dilakukan mengingat letak keduanya yang terpaut jauh dan bertujuan untuk mempermudah pengontrolan panitia terhadap setiap perlombaan yang diadakan. Selain itu, kami juga menjaga batas antara laki-laki dan perempuan agar mereka lebih bebas berekspresi,” jelas Indra Hadi Pratama (Kimia/2012) selaku Ketua Pelaksana PKA 2013.
Juri dari setiap perlombaan adalah alumni Asrama Mahasiswa UM yang mumpuni di bidangnya. Sedangkan, perlombaan yang dilaksanakan, antara lain Brain Challenge, Cerdas Cermat Islam (CCI), futsal, senam, Dormitory Debating Action (DDA), Astravaganza, Astri Expression Eve (AEE), lomba memasak, dan Asrama Fashion Carnival (AFC).
Serangkaian kegiatan yang dimulai pada Jumat (01/03) pukul 15.45 WIB itu dibuka dengan lomba Brain Challenge yang diikuti seluruh warga asrama, baik putra maupun putri, di halaman Rusunawa UM. Peserta yang terhimpun dari berbagai jurusan itu diminta untuk berbaris sesuai dengan RT/RW yang merupakan miniatur dari kehidupan sosial yang sesungguhnya. Disediakan puluhan potongan puzzle untuk disusun sesuai ketentuan dengan indikator RT penyusun tercepat dan penyusunan paling benar yang akan menang. Kegiatan itu kemudian dilanjutkan dengan penyisihan lomba CCI yang dilaksanakan pukul 20.00-21.00 WIB di masing-masing tempat astra dan astri.
Pada hari kedua, Sabtu (02/03) pukul 07.30-10.30 WIB, dua perlombaan berbeda dilaksanakan di tempat yang berbeda dengan waktu yang bersamaan, yaitu lomba futsal (astra) dan senam (astri). Selepas perlombaan yang beraroma olahraga, warga Asrama UM kembali mengasah otak dengan penyisihan DDA yang digelar pada Sabtu (02/03) pukul 15.30-16.30 WIB di masing-masing tempat astra dan astri. Debat tersebut menggunakan Australian Parliamentry System ini mengangkat beberapa mosi yang diundi tepat sebelum debat dimulai.
Pada minggu kedua bulan Maret, PKA kembali dihelat. Perlombaan yang dilaksanakan pada Jumat (8/3) pukul 19.30-21.45 WIB adalah Astravaganza di Asrama UM dan Astri Expression Eve (AEE) di Rusunawa UM. Dalam dua perlombaan yang sejatinya sejenis ini, warga asrama diminta untuk menampilkan kreasi RTnya masing-masing. Mereka menampilkan teater, pantomim, parodi, dan beberapa penampilan lainnya. Keesokannya pada Sabtu (09/03) warga asrama mengikuti lomba masak.
Serangkaian kegiatan PKA itu kemudian ditutup dengan Gebyar Puncak PKA pada Minggu (10/03). Acara dibuka dengan Asrama Fashion Carnival (AFC) yang dilaksanakan di halaman Rusunawa UM. Peserta diminta bergaya ala peragawan dan peragawati untuk berjalan di atas karpet hijau panjang dengan memamerkan busana yang bertemakan ocean (lautan).
Sebagai penutup, Gebyar Puncak PKA mempertontonkan beberapa penampilan warga yang diselingi dengan pembagian hadiah bagi RT pemenang lomba-lomba yang telah dihelat selama enam hari dalam dua minggu tersebut. “Sebagai implikasinya, setelah acara ini warga diharapkan mampu mempererat kekeluargaannya dan semakin kreatif dalam mengembangkan bakat dan minatnya. Dengan suksesnya kegiatan ini, maka warga asrama telah membuktikan bahwa mereka adalah warga yang PKA: Pintar, Kreatif, dan Asyik,” ungkap Ketua Umum Asrama Mahasiswa UM, Agus Syaifudin (Ekonomi Pembangunan/2011), ketika ditemui seusai acara.Atif