Mahasiswa UM lagi-lagi menunjukkan prestasinya. Kini salah satu mahasiswa bernama Heni Masruroh berhasil mendapatkan beasiswa yang diselenggarakan oleh Japan Embassy bekerja sama dengan Japan Internastional Corporation Center yang merupakan institusi pelaksana program Youth Exchange Asia and North America (Kizuna Bond Projek). Berbekal informasi yang didapatkan dari dosen, Heni pun mencari informasi lebih lanjut mengenai beasiswa tersebut di internet. Selanjutnya, Heni membaca beberapa persyaratan yang diajukan oleh pihak penyelenggara beasiswa dan melengkapinya.
Heni adalah satu-satunya mahasiswa UM, dari 101 orang yang terpilih mengikuti pertukaran pelajar dan mahasiswa serta LSM untuk mempelajari alam dan budaya Jepang. Acara yang dilaksanakan pada 17-27 Februari itu memberikan banyak pengalaman baru bagi Heni.
Ketika berada di Jepang, Heni sempat melakukan serangkaian aktivitas yang meliputi observasi ke wilayah Jepang bagian timur  yang terkena bencana, belajar mengenai kondisi sosial budaya masyarakat Jepang, dan belajar mengenai revitalisasi serta rekonstruksi Jepang pascabencana tsunami tahun 2011. Dari beberapa wilayah bagian timur Jepang yang terkena tsunami, Heni mengaku mendapat kesempatan untuk mengunjungi prekfektur ibaraki (provinsi).
Selain melakukan observasi ke beberapa tempat yang pernah terkena bencana tsunami, Heni juga sempat mengunjungi beberapa tempat yang menarik di Jepang, antara lain Tokyo Fashion Town (TFT), Kuil Kashima (Kashima Jingu), Stadion Sepak Bola Kashima, Dashi Kaikan, Sungai Ono, Mizunosato Sawara, PT. KAO, Taman Pelabuhan, SMA Itako, Suiunzan Choonji, Michi no Eki, Honko Bosaikan, dan Panasonic Center.
Menurut Heni banyak pengalaman menarik dan tak terlupakan ketika berada di Jepang, salah satunya adalah budaya disiplin. “Wah masyarakat Jepang itu disiplin sekali. Waktu itu kami terlambat naik bus sehingga kami terlambat lima menit. Bagi orang Jepang waktu lima menit sangat berharga, sehingga waktu itu sensei sudah marah-marah.“
Selain belajar disiplin, Heni yang juga menjabat sebagai Ketua BEM FIS itu sempat mempelajari beberapa budaya Jepang yang terkenal, seperti Merangkai Bunga Ayame, Minum Teh ala Jepang, dan Ofuro (budaya mandi sebelum tidur).
“Bagi teman-teman UM yang ingin mendapatkan kesempatan mengunjungi tempat-tempat menarik di dunia ataupun cita-cita besar lainnya, pesan saya, jangan takut bermimpi dan jangan takut mencoba. Manfaatkan semaksimal mungkin setiap kesempatan yang datang pada kalian,” tutup Heni dengan tersenyum.Iin