Gedung A3 Lantai 2 kembali menjadi saksi pengukuhan organisasi mahasiswa (ormawa) yang diselenggarakan pada Rabu (27/03). Serangkaian acara yang khidmat itu diikuti oleh mahasiswa yang masuk dalam susunan kepengurusan ormawa yang baru, terhitung bulan Januari hingga Desember 2013. Pengurus ormawa yang dikukuhkan dalam acara itu, antara lain pengurus Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).
Acara dibuka dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) Kepengurusan oleh Kabag Kemahasiswaan, Taat Setyohadi. Dilanjutkan oleh pembacaan janji ormawa yang dipimpin oleh ketua DPM, penandatanganan SK, dan sambutan oleh Rektor UM, Prof. Dr. H. Suparno. Dalam sambutannya, Rektor menyinggung berbagai hal yang berkaitan dengan Peraturan Rektor Nomor 13 tahun 2012 tentang ormawa. Rektor mengharapkan para pengurus ormawa itu menjadi generasi yang sujana bukan durjana. “Saya mengharapkan untuk kepengurusan ormawa yang baru dapat menjadi generasi yang sujana dalam artian dapat memimpin secara bijaksana, tetapi juga tidak lupa akan kewajiban belajarnya di UM ini,” ungkap Rektor.
Pengukuhan ormawa itu dihadiri oleh beberapa pimpinan dan pejabat UM yang berseragam batik rapi. Beberapa hal yang berkaitan dengan program kerja kampus pun diungkapkan Rektor kepada mahasiswa yang baru saja dikukuhkan. Hal itu sebagai bentuk transparansi dan egaliter antara  Rektor dan pengurus ormawa. Beberapa planning-pun diungkapkan oleh Rektor dalam sambutannya itu. “Untuk ke depannya saya harap ada seragam batik untuk seluruh pengurus ormawa, sehingga setiap hari Rabu dan Jumat kita bisa berseragam batik bersama. Bukan hanya untuk pengurus ormawa, untuk ke depannya diharapkan ada kebijakan bagi seluruh warga UM untuk menggunakan batik di hari tertentu. Ini salah satu bentuk kebanggaan kita akan warisan budaya bangsa,” tambah Rektor.
Di akhir acara Rektor dan seluruh pejabat yang hadir memberikan ucapan selamat kepada seluruh mahasiswa yang dikukuhkan sebagai pengurus ormawa dengan menyalami satu-persatu mahasiswa tersebut tanpa terkecuali.Iin