Terhitung sejak tanggal 11 sampai 13 Maret 2013, acara Job Fair I Tahun 2013 menyedot perhatian mahasiswa maupun masyarakat umum. Kegiatan perdana yang dilaksanakan oleh Student Advisory Center UM (SAC-UM) itu digelar di Graha Cakrawala selama tiga hari. SAC-UM merupakan lembaga di bawah naungan kemahasiswaan yang memberikan fasilitas bagi para mahasiswa, khususnya alumni untuk mengembangkan potensinya. Orientasi kegiatan dari SAC sendiri adalah untuk pembimbingan karir, persiapan dunia kerja, berwirausaha, dan beasiswa untuk mahasiswa.
Latar belakang diadakannya Job Fair itu untuk memberikan wawasan dan peluang kerja untuk lulusan UM selain menjadi guru. Bapak Ahmad Fahmi, selaku pelaksana kegiatan Job Fair itu mengungkapkan bahwa sebanyak 75%, profesi sebagai guru masih digaji di bawah UMR. Hal itu juga tidak lepas dari mindset masyarakat luas bahwa alumni UM pasti menjadi guru. Oleh karena itu, dengan diadakannya Job Fair ini diharapkan dapat menjadi alternatif lain bagi alumni UM untuk mempersiapkan dunia kerja.
Sebanyak 62 perusahaan berpartisipasi dan memadati Graha Cakrawala. Pendaftaran beberapa perusahaan itu dilakukan melaui media online. Dari seratus perusahaan yang mendaftar, sebanyak 62 perusahaan yang lolos seleksi. Perusahaan yang dipilih adalah perusahaan yang tidak hanya mencari sales atau pekerjaan yang kurang layak untuk lulusan mahasiswa. Selain itu, setidaknya perusahaan tersebut dapat menampung dari semua jurusan.
Tidak hanya perusahaan swasta yang diikutsertakan dalam acara Job Fair, namun para alumni UM yang sukses berwirausaha juga berhak berpartisipasi dan menawarkan pekerjaan. Sedangkan, para pengunjung memang ditujukan kepada alumni UM. Maka tidak heran, kegiatan itu pun dilaksanakan tepat sehari setelah acara wisuda. Bagi alumni UM dapat masuk gratis dengan menunjukkan ijazah atau mendaftar online yang selanjutnya mendapatkan PIN untuk ditukar dengan tiket masuk. Antusiasme dari peminat Job Fair yang telah mendaftar online itu sangat tinggi, terbukti dengan 2300 pengunjung via online yang telah terdaftar bahkan sebelum acara Job Fair dimulai. Sedangkan bagi mahasiswa luar UM dan masyarakat umum cukup dengan membayar sepuluh ribu rupiah untuk mendapatkan tiket masuk.
Ditanya mengenai kendala yang dihadapi dalam kegiatan SAC-UM perdana itu, Bapak Ahmad Fahmi mengungkapkan, “Sedikit sulit untuk mengubah mindset masyarakat luas dan beberapa perusahaan bahwa alumni UM tidak hanya berorientasi menjadi guru. Alumni UM juga mempunyai kualitas yang tidak bisa dipandang sebelah mata diluar konteks menjadi seorang guru.” Ia juga banyak berharap agar banyak alumni mahasiswa UM yang terserap dalam kegiatan Job Fair yang pertama itu.Lailil