Branded The Learning University yang mencerminkan kampus pendidikan ternyata tidak hanya berfokus pada alumninya yang akan berprofesi sebagai guru saja. Dibalik semua itu, UM juga memperhatikan mahasiswa, terutama fresh graduate UM. Hal itu terbukti dengan diadakannya beberapa even yang diutamakan untuk fresh graduate bagi lulusan ilmu dasar, salah satunya adalah Job Fair yang telah terekam Komunikasi pascawisuda beberapa bulan lalu. Setelah sukses menggelar Job Fair yang diadakan oleh SAC di Graha Cakrawala, kini giliran BEM FMIPA melaksanakan Pelatihan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008.
Pelatihan yang dilaksanakan pada Sabtu (11/05) itu terbuka untuk umum. Tercatat sebanyak seratus tujuh puluh peserta dari berbagai jurusan, kampus, dan profesi di Indonesia yang mengikuti pelatihan tersebut. Berdasarkan wawancaranya, Ketua BEM FMIPA, Aan Karuniawan Prasetia menjelaskan bahwa tujuan dari diadakannya pelatihan itu adalah memberi bekal kepada mahasiswa terutama fresh graduate UM yang akan menjalani profesi bukan sebagai pendidik. Namun, tidak menutup kesempatan pula bagi mahasiswa undergraduate untuk mengikuti kegiatan tersebut.
Bertempat di Aula FMIPA UM, pelatihan manajemen mutu itu banyak membahas mengenai standar ISO yang banyak diterapkan di berbagai perusahaan besar di Indonesia.
Standar yang dikeluarkan oleh Lembaga Penjaminan Mutu dalam kelas internasional itu sangat dibutuhkan bagi perusahaan yang menjamin kualitas produksinya secara internasional. Hal itu juga akan berdampak pada proses produksi untuk ekspor.
Dalam pelatihan tersebut, peserta akan dibekali dasar-dasar penyusunan standar ISO 9001:2008. Setelah mengetahui dasar-dasar tersebut, peserta akan mendapatkan sertifikat ISO 9001:2008 yang dapat menjadi nilai tambah ketika melamar di perusahaan besar. Dalam pengeluaran sertifikat ISO 9001:2008, BEM FMIPA UM bekerja sama dengan PentaMedia sebagai lembaga yang berwenang mengeluarkan sertifikat tersebut.
Pelatihan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 yang berlangsung dari pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB  itu memang pertama kalinya diadakan di UM. “Harapannya, selain untuk bekal mahasiswa tingkat akhir dan fresh graduate, kegiatan ini dapat memotivasi setiap insan agar selalu membiasakan hidup teratur, terjadwal, dan terperinci sesuai dengan implementasi ISO 9001:2008,” tambah Aan.Lailil