Indonesia Youth Forum (IYF) kembali digelar untuk kedua kalinya di Bandung, Jawa Barat (23-25/05). IYF ingin membuat pemuda Indonesia untuk tampil beda, keluar dari zona nyamannya, dan berani merefleksikan idenya secara nyata. IYF adalah sebuah forum pemuda nasional yang mengundang 250 pemuda terpilih seluruh Indonesia, yang diseleksi berdasarkan proyek sosial yang digagas untuk menuju Indonesia emas. Lima mahasiswa UM, yakni Rafendra Aditya Rahman (FIP/2011), Andree Rivan Kurniawan (FS/2011), Arlita Alif Viany (FS/2011), M. Mizan Zulmi (FE/2011), dan Nila Chusniah (FS/2011) berhasil menjadi official delegates. Seleksinya melalui dua tahap, yakni tahap berkas dan wawancara.
Proyek sosial yang diusung masing-masing delegasi dari UM itu beragam, yakni masalah lingkungan, pendidikan, dan sosial budaya. Kelima social project itu mereka persembahkan untuk mendapat tiket emas ke Bandung. Dia bercerita bahwa acara IYF 2013 ini dibuka langsung di gedung bersejarah Konferensi Asia Afrika (KAA).
Semua peserta diwajibkan mengenakan pakaian adat dari daerah masing-masing sehingga terlihat semakin berwarna mengekspresikan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.
Pembukaan tersebut dihadiri pejabat teras Jawa Barat dan Presiden Indonesia Student And Youth Forum (ISYF). Acara pembukaan itu sekaligus menjadi acara orasi kebangkitan nasional yang diisi oleh perwakilan Menteri Negara Koperasi dan UKM yang secara garis besar menyampaikan bagaimana menumbuhkan jiwa entepreneurship di kalangan anak muda.
Hari kedua IYF dipusatkan di Hotel Savoy. Coaching Clinic menjadi acara utamanya. Empat tema besar diusung, seperti Youth Partnership, Youth and Entreprneurship, Youth and Social Movement, dan Creative Writing.
Tidak hanya sekadar berbicara dalam forum, tetapi peserta diajak berdiskusi dengan CEO PT Jamsostek dan Bupati Belitung Timur, Bapak Basuri Tjahya Purnama.
Hari ketiga peserta diajak mengunjungi hutan kota Bandung, yakni Babakan Siliwangi. Kemudian, dilanjutkan acara Corporate Action oleh PT Microsoft Indonesia di gedung Bank Indonesia. Beberapa komunitas di Bandung juga diundang untuk menjadi representasi dalam agenda Indonesia Youth Initiative Forum.
Acara puncak IYF 2013 di hari terakhir didahului oleh gerakan minum susu di Car Free Day, Dago, Bandung. Lalu, dilanjutkan  talkshow dengan Menteri Kesehatan RI dan kampanye Indonesia bebas sampah. Setelah itu, peserta dipertemukan dengan Menteri Pemuda dan Olahraga, yakni Bapak Roy Suryo.Tanty