Dalam rangka pengembangan dan sebagai bentuk pengabdian terhadap masyarakat, UM men­dirikan Psycho Center. Program pengabdian masyarakat lewat Ipteks Bagi Inovasi dan Kreativitas Kampus (IBIKK) itu resmi berdiri pada tahun 2011.
Dalam perjalanannya, Psycho Center yang bernaung di bawah LP2M UM itu menunjukkan perannya. Berbagai kegiatan yang berhubungan dengan aspek psikis diselenggarakan guna membantu masalah-masalah psikologis yang ada di masyarakat. Sebagai produk unggulan dari Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi), Psycho Center juga memiliki orientasi khusus pada bidang pendidikan, serta merupakan integrasi antara ilmu pengetahuan psikologi dan teknologi.
Layanan yang disediakan oleh Psycho Center bagi masyarakat, meliputi Konsultasi Psikologi, Psikotes, Terapi, dan Pelatihan. Tidak hanya untuk masyarakat secara umum, bagi mahasiswa juga disediakan layanan-layanan sesuai kebutuhan. Sebagai program IBIKK, penyelenggaraan Psycho Center itu memasang tarif dalam setiap layanannya.
Sebagai kampus yang terkenal mencetak para pendidik, penyelenggaraan Psycho Center di UM tersebut juga tak lepas dari produk-produk di bidang pendidikan. Produk pelayanan di bidang pendidikan yang disajikan tentu berhubungan dengan sekolah, guru, murid, dan penatalaksanaan pendidikan anak berkebutuhan khusus di sekolah. Layanan yang disediakan dalam hal itu, antara lain tes inteligensi ABK, psikotes penjurusan, tes siswa autis, siswa akselerasi, pelatihan diagnosis autis, deteksi hambatan perkembangan anak usia dini, pelatihan komunikasi, dan pelatihan leadership.
Di sisi lain Psycho Center UM yang berdiri di antara ke­hidupan masyarakat secara umum juga me­nyediakan pro­gram layanan non­kependidikan. Layanan-layanan tersebut disediakan bagi masyarakat yang berhubungan dengan masalah di luar pen­didikan. Layanan yang disediakan mi­sal­nya konseling, kon­sultasi masalah, dan pelatihan ke­pemimpinan.
Terletak di Jalan Veteran no. 9 (Kom­pleks BPLP UM), Psycho Center yang sudah berdiri selama dua tahun tersebut terus menunjukkan eksis­tensinya di berbagai kegiatan maupun even yang diselenggarakan di dalam maupun di luar kampus. Seperti saat acara ulang tahun UM di tahun 2012, Psycho Center turut memeriahkan acara tersebut dengan menyediakan stan gratis bagi pengunjung yang ingin konsultasi maupun tes kepribadian.
Psycho Center UM juga dipercaya oleh beberapa perusahaan di sekitar Jawa Timur untuk melaksanakan psikotes perekrutan calon karyawan perusahaan, serta telah melakukan kerja sama dengan beberapa LSM. “Banyak perusahaan yang meminta calon karyawan ke kami, dalam artian mereka meminta rekomendasi karyawan yang sudah lolos seleksi dari kami. Ya beberapa perusahaan sudah berlangganan, sudah percayalah dengan Psycho Centernya UM,” ungkap Dra. Sri Weni Utami, M.Si., Psikolog, kepala Psycho Center UM.
Ada pun pengelola dan pengembang Psycho Center adalah para dosen Prodi Psikologi UM berjumlah 21 orang yang memiliki pendidikan profesi sebagai psikolog, ilmuwan psikologi, dan konselor.
Selain itu, berbagai fasilitas juga dimiliki oleh Psycho Center sebagai penunjang layanannya, seperti Lab Psycho Center, tempat praktek strategis, alat tes yang lengkap, antara lain Tes Kecerdasan, Tes Kepribadian, Tes Bakat, Tes Minat, Potensi Kerja, dsb.Iin