Salah satu pemateri pelatihan

Rabu (04/09) lalu seakan menjadi salah satu peluang emas bagi para calon wisudawan UM dalam persaingan yang lebih nyata. Pelatihan Memasuki Dunia Kerja yang dimulai pada pukul 08.00 WIB itu digelar di Sasana Budaya UM. Kegiatan itu dihadiri oleh beberapa pejabat UM dan dibuka oleh Bapak Taat Setyohadi. “Akan ada banyak hal yang tak terduga yang akan kita hadapi setelah lulus nanti. Kegiatan ini diharapkan mampu membantu calon wisudawan mengenal dunia luar. Akan ada beberapa materi yang akan disampaikan oleh pemateri dari Bank Danamon dan Telkomsel mengenai langkah-langkah memasuki dunia kerja,” sambut Bapak Ahmad Fahmi selaku Ketua SAC UM.
Materi pertama disampaikan oleh I Putu Agus Hari Wibowo, S.H. dari Bank Danamon. Ia memaparkan mengenai hakikat lulus kuliah yang sebenarnya serta langkah-langkah menuju perusahaan pilihan dari sudut pandangnya. “Diawali dari motivasi bekerja yang kuat, kita harus bisa menentukan apakah kita akan bekerja atau berkarir. Jika kita memilih bekerja, maka kita bisa masuk ke perusahaan mana pun yang kita inginkan tanpa fokus pada jabatan yang kita tempati. Namun, ketika kita sudah mulai berkarir, kita akan fokus pada suatu jabatan dalam perusahaan tertentu sampai akhirnya kita bisa naik jabatan dan memegang peranan penting dalam perusahaan itu,” lanjutnya.
Pemateri juga menjelaskan bahwa pekerjaan yang menjadi target sebaiknya adalah pekerjaan yang kita cinta agar tidak mudah stres ketika permasalahan mulai menumpuk. Di samping itu, pekerjaan yang menjadi target sebaiknya sesuai dengan SMART: Smart (menentukan dengan jelas dan spesifik), Measurable (dapat dihitung dan diukur), Achievable (dapat dicapai dan diperoleh), Realistic (sesuai kemampuan dan tidak mengada-ada), Timeline (harus memiliki jangka waktu pencapaian). Dengan demikian, kita bisa menjalani pekerjaan dengan fokus dan penuh komitmen.
Usai materi pertama, kegiatan dilanjutkan dengan materi kedua yang disampai­kan oleh Gatot Priyo Utomo dari Telkomsel. Ber­beda dari materi se­belumnya, materi ke­dua lebih pada lang­kah-langkah yang sebaiknya kita ikuti ketika mulai melamar pekerjaan.
“Ada beberapa tips wawancara yang bisa kalian terapkan. Pertama, Anda harus melakukan riset ten­tang perusahaan ter­sebut. Kedua, buat­lah daftar ke­suk­sesan Anda beserta strength dan skill yang mendukungnya. Ketiga, berlatihlah menjawab pertanyaan yang umum diajukan. Selanjutnya, buatlah daftar pertanyaan yang akan Anda ajukan pada akhir wawancara mengenai perusahaan Anda. Terakhir, datanglah tepat waktu dan santai dalam melakukan interview,” jelasnya.
“Ada banyak perusahaan yang menunggu bagi kalian yang ingin melamar ke perusahaan. Ada pelatihan keguruan bagi kalian yang berasal dari jurusan kependidikan serta banyak beasiswa S2 bagi kalian yang ingin melanjutkan studi baik di UM maupun luar UM. Tinggal bagaimana kalian menata masa depan kalian agar bemanfaat nantinya,” nasihat Bapak Ahmad Fahmi pada akhir acara.Atif