Salah satu pemateri seminar

Ada banyak cara untuk memberikan kontribusi kita di bidang pendidikan, salah satunya melalui seminar. Seperti seminar yang telah diadakan oleh Jurusan Teknik Elektro UM yang bertajuk “Seminar Internasional Electrical, Informatic and It’s Education”. Acara yang digelar Sabtu (05/10) di Gedung Graha Cakrawala itu merupakan acara rutin yang dilaksanakan setiap dua tahun sekali.
Berbeda dengan dua pelaksanaannya yang lalu, seminar internasional kali ini mengusung topik Cloud Computing dan aplikasinya dalam dunia pendidikan. Tak tanggung-tanggung, pembicara yang hadir dalam seminar tersebut adalah Dr. Ir. Gatot Hari Priowirjanto, Direktur Utama SEAMOLEC (South Asian Minister of Education Regional Open Learning Centre). Turut hadir pula, Mr. Anthony Ngo, Manajer ISV Business Development (APAC) at Microsoft Singapore sebagai pembicara kedua.
Seminar yang dimulai sejak pukul 07.00 WIB itu sangat padat acara. Hal tersebut dapat dibuktikan setelah penyampaian materi utama oleh kedua pembicara tersebut, acara dilanjutkan dengan diskusi panel. Acara itu juga dihadiri banyak author dari berbagai negara antara lain Taiwan, Libya, Jepang, Vietnam, dan Indonesia.
Diskusi itu dibagi menjadi tiga topik utama, yakni electrical, education, dan informatic. Para presentator dibagi diempat ruang diskusi yang telah disediakan. Dalam diskusi tersebut, presentator diikuti oleh peneliti, dosen, mahasiswa, alumni, dan praktisi lembaga nasional. Pada waktu yang sama digelar presentasi JB-ITC di hall utama Gedung Graha Cakrawala. Kompetisi itu diikuti oleh siswa SMA/SMK se-Jawa Bali. Selain JB-ITC juga dipamerkan produk-produk dari mahasiswa Elektro, salah satunya karya robotik yang menjadi pemenang pertama dalam kompetisi di Politeknik Negeri Malang.
Ketua Pelaksana, Bapak Hakkun Elmunsyah mengungkapkan bahwa acara tersebut merupakan rangkaian dari Dies Natalis UM, sehingga persiapan dalam melaksanakan acara itu membutuhkan waktu yang lama. Ketua Jurusan Teknik Elektro, Bapak Slamet Wibawanto mengungkapkan, “Acara ini adalah wujud nyata kontribusi jurusan dalam mempertanggungjawabkan pengembangan pendidikan dengan memberdayakan IT dan juga sebagai wadah komunikasi, serta menberikan peluang untuk melakukan penelitian bersama.”
“Saya berharap tahun berikutnya akan lebih banyak author, peserta, peningkatan kualitas penelitian, dan muncul metode-metode baru dalam kegiatan ini,” tutupnya dalam wawancaranya dengan Komunikasi. Lailil