Seluruh peserta Pelindo III Youth Camp 2013 berfoto bersama

Selama tiga hari, mulai Kamis hingga Sabtu (12-14/09), tiga orang mahasiswa perwakilan UM mengikuti Pelindo III Youth Camp 2013. Acara yang diadakan oleh PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) itu bertujuan untuk mencetak generasi muda yang memiliki wawasan luas mengenai aktivitas kepelabuhanan. Nantinya juga diharapkan dapat menjadi duta bagi Pelindo III untuk menyampaikan informasi yang benar seputar kepelabuhanan kepada masyarakat luas.
Acara tersebut mengundang sembilan belas perguruan tinggi baik swasta maupun negeri di Jawa Timur, yaitu Universitas Airlangga, Institut Teknologi 10 Nopember, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Surabaya, Universitas Muhammadiyah Surabaya, Universitas 17 Agustus, Universitas Wijaya Kusuma, UPN Veteran Jawa Timur, Universitas Hang Tuah, STIAMAK Barunawati, Universitas Katholik Widya Mandala, Universitas Negeri Malang, Universitas Brawijaya, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Panca Marga Probolinggo, Universitas Merdeka Pasuruan, Universitas Trunojoyo Madura, Universitas Madura, dan Universitas Wiraraja Madura.
Acara yang mengusung tema “Now a Learner, Tomorrow a Leader” itu dimulai dengan pembukaan dan dilanjutkan dengan materi kepelabuhanan yang langsung dibawakan oleh Direktur Utama PT Pertalian Jasa Terminal Indonesia, Rahmat Satria, dan juga Kepala Humas Pelindo III, Edi Priyono. Peserta juga diajak berkeliling mengunjungi terminal-terminal peti kemas, seperti Terminal Nilam, Terminal Jamrud, PT BJTI, dan PT TPS.
Di sini pengetahuan mengenai kepelabuhan diberikan dengan meng­gunakan metode See, Touch and Feel. Peserta diajak melihat secara langsung aktivitas kepelabuhanan, seperti pemindahan peti kemas dengan crane dan juga beberapa penjelasan mengenai fungsi masing-masing terminal.

Kekompakan antar kelompok dalam outbond

Usai berkeliling, peserta Pelindo III Youth Camp 2013 dibekali dengan Character Building di Kaliandra Sejati, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Dengan outbond, peserta diajak bermain dan mencari makna yang dapat diambil dari permainan tersebut. Kegiatan Character Buil­ding, meliputi NLP, Fire Walking, Komitment Buil­ding, Trekking, High Rope, Flaying Fox, dan Paint Ball.
Dua orang mahasiswa UM kembali menunjukkan kebolehannya dan ber­saing dengan sekitar 56 mahasiswa lain dengan berhasil menjadi peserta terbaik pertama dan ketiga di acara tersebut. Dengan bekal karya ilmiah dan keaktifan selama di camp, Lailil Maulidia (Mahasiswa Biologi/2010) dan Choirun Nisa Ristanti (Mahasiswa Bahasa Inggris/2011) berturut-turut meraih gelar peserta terbaik pertama dan ketiga. “Alhamdulillah nggak nyangka kalau saya bisa menjadi peserta terbaik,” ucap Lailil disela-sela penerimaan hadiah yang telah disediakan oleh pihak Pelindo III.
Sebelum acara ditutup, Bu Dothy selaku sekretaris perusahaan mengingatkan agar peserta Pelindo III Youth Camp 2013 siap kembali menghadapi tantangan-tantangan di dunia nyata dengan penuh semangat seperti saat menyelesaikan tantangan dalam outbond di Kaliandra.Iin