Babak final East Java Studentpreneur Competition tingkat SMA/SMK/MA digelar di Gedung D4 Lantai IV FE UM (24/11). Lima belas besar tim yang terpilih hadir untuk mempresentasikan proposal usaha yang telah dibuat. Sebelumnya, ada delapan puluh delapan proposal yang masuk secara online. Dari puluhan proposal tersebut, juri menyortir menjadi lima belas besar proposal yang memenuhi kualifikasi pada kualitas ide bisnis, kelayakan manajemen usaha dan peninjuan keuangan. Acara EJSC itu merupakan acara perdana dari program kerja Lembaga Pecinta Bisnis (LPB) di bawah naungan BEM FE UM.
“Acara ini bertujuan untuk membentuk jiwa entrepreneurship bagi adik-adik SMA. Saya berkaca dari negara maju, pertumbuhan wirausahawaannya sebanyak 7%, sedangkan di Indonesia masih 1,5%. Nah, salah satu indikator kemakmuran suatu negara adalah tingginya tingkat wirausahawan,” tutur Mukhammad Mizan Zulmi, Ketua Pelaksana EJSC 2013. Dia menambahkan, salah satu Kurikulum 2013 juga menanamkan nilai-nilai kewirausahaan. Maka dari itu, acara tersebut selaras dengan isi Kurikulum 2013.
Juri yang dihadirkan sangat berkompeten di bidang bisnis, antara lain Dr. Wahju Wibowo, S.E., M.Si., Rully Wiliandri, S.E., M.M., dan Teguh Arie Sandy, S.Pd. yang merupakan owner dari multidukasi sekaligus peraih penghargaan wirausahawan muda dari Bank Mandiri.
“Tidak ada batasan tema, tetapi proposal bisnis harus produk, bukan jasa. Meski SMA, tetapi karya mereka sangat inovatif dan luar biasa,” ungkapnya. Beberapa karya seperti permen dari benalu, ice cream dari isi mangga (pelok), donat dari bahan pisang, cake dari mengkudu, dan nugget ampas tahu diapresiasi oleh para juri.
Setelah dijumlahkan keseluruhan nilai dari bobot proposal hingga presentasi, terpilihlah juara I hingga juara III. Juara I dari SMAN Probolinggo dengan produk phy-log ice cream, juara II dari SMAN 2 Lamongan dengan produk biskuit mengkudu dan juara III dari SMKN 1 Pasuruan dengan produk pestisida organik.
“Tahun depan ingin merencanakan program serupa tetapi dengan skala nasional. Kami juga ingin menggandeng HIPNI yakni Himpunan Pengusaha Nasionalis Indonesia agar lebih meriah dan ternaungi dengan baik,” tutupnya.Vryda