Oleh Novi Fairuzatin Aushoni

Judul Film    : Divergent
Sutradara    : Neil Burger
Produksi      : Summit Entertaiment
Rilis              : Maret 2014
Durasi          : 140 Menit

Seratus tahun yang lalu setelah peperangan, para pemimpin Cicago membuat suatu kehidupan dengan menggunakan sistem faksi. Mereka membagi kehidupan sesuai dengan lima faksi, diantaranya erudite (pintar), emity (damai), candor (jujur), dauntless (pemberani), dan abnegation (penolong). Semua manusia yang hidup di dunia tersebut harus memiliki faksi yang sesuai dengan kepribadiannya. Mereka yang kepribadiannya tidak sesuai  termasuk dalam golongan non-faksi. Para remaja mempunyai kesempatan memilih tetap dengan faksi sebelumnya bersama keluarga  atau pindah ke faksi yang lain.
Beatrice Prior, tokoh utama wanita yang diperankan oleh Shailene Woodley. Pada awalnya ia termasuk dalam faksi abnegation bersama ayah, ibu, dan adiknya. Setelah menjalani tes kepribadian ia tidak termasuk dalam lima faksi yang ada karena hasilnya tidak pasti, mereka menyebutnya dengan divergent. Divergent adalah sifat seseorang yang dapat melakukan segalanya dengan cara apapun dan bertingkah sesuai dengan kehendak otaknya. Pada saat pengukuhan, baik Beatrice maupun Caleb sang adik  tidak memilih faksi keluarganya. Beatrice memilih untuk menjadi seorang dauntless sedangkan Caleb memilih erudite.
Setelah menjadi seorang dauntless, Beatrice mengubah namanya menjadi Tris. The Pit yang merupakan pusat kehidupan dauntless menjadi tempat berjuang bagi Tris untuk tetap hidup dan menjaga identitasnya sebagai seorang divergent. Setelah berlatih cukup keras tiba saatnya bagi anggota dauntless melakukan tes rasa takut. Tes pertama dan kedua dapat dilalui Tris dengan sangat cepat dan luar biasa. Para dauntless yang lain biasanya dapat melaluinya dalam waktu 15-20 menit, tetapi Tris menghabiskan waktu hanya tiga menit. Hal itu membuat pelatih dauntless, Four, curiga dengan identitasnya. Four adalah tokoh utama pria yang diperankan oleh Theo James yang juga  seorang divergent.
Seorang divergent tidak dapat dikendalikan dengan siapapun dan dengan cara apapun. Meskipun mereka disuntikkan serum halusinasi, mereka sadar bahwa apa yang mereka lalui bukan suatu kenyataan. Hal inilah yang membuat Jeanine Matthew, penguasa erudite merasa harus melenyapkan divergent dan abnegation. Abnegation yang memimpin negara serta melayani masyarakat, membuat Jeanine iri. Caleb yang pada saat itu berada dalam pengaruh erudite ikut mendukung. Meskipun ayah dan ibunya adalah seorang abnegation. Sistem faksi yang mereka anut menjadikan faksi di atas segalanya.
Tris mendapatkan pelatihan dari Four agar dapat lulus dalam tes terakhir. Jika ia berhasil maka ia adalah seorang dauntless atau jika tidak ia akan mati. Sampai pada hari penentuan hidup dan mati, Tris akhirnya berhasil menjadi seorang dauntless. Namun tidak sampai disitu, untuk melacak keberadaan divergent, Jeanine kembali menyuntikkan serum pengendali kepada semua anggota dauntless untuk membunuh semua abnegation. Hal ini dikarenakan ia menganggap abnegation berbuat atas kehendak sendiri dan melindungi divergent serta non-faksi. Serum tersebut tidak berpengaruh pada Tris dan Four, tetapi mereka harus berpura-pura agar identitasnya tidak terlacak, karena hal tersebut dapat membahayakan nyawa mereka.
Pada saat mereka mencari keluarga Tris, identitas mereka diketahui dan membuat mereka terpisah. Four dibawa ke dalam ruang pengendali, sedangkan Tris disekap. Tris berhasil diselamatkan oleh ibunya yang ternyata dulunya adalah seorang dauntless. Namun, tak sampai bertemu dengan Andre sang ayah, ibunya tewas dalam perjalanan menuju tempat perlindungan para warga abnegation lainnya. Tris, Andre, Caleb, dan Marcus akhirnya bertekad untuk masuk ke dalam markas dauntless mencari pusat pengendali. Sayangnya, Andre tewas pada saat melawan penjaga dauntless. Tris memberanikan diri masuk ke dalam ruang pusat pengendali. Niat hati ingin meminta bantuan kepada Four namun sia-sia. Four sudah berada di bawah kendali Jeanine. Kekuatan cinta mengubah segalanya, Four sadar dan berhasil menghentikan pengaruh serum yang telah disuntikkan kepada semua anggota dauntless.
Film yang bergenre action tersebut membuat para penonton terbius menikmati semua adegan yang menegangkan. Dengan alur maju yang ringan namun tidak monoton, film yang disutradarai oleh Neil Burger ini memiliki pesan moral tentang seberapa besarnya pengorbanan yang harus dilakukan untuk menyelamatkan abnegation.  Sifat Tris yang tak pernah takut membuatnya menjadi sosok yang sangat kuat meskipun telah ditinggalkan oleh kedua orangtuanya dan kenyataan bahwa kini ia adalah seorang non-faksi. Perjalan Tris dan Four tidaklah sampai disini, meskipun hari ini selamat namun esok mereka harus berperang kembali untuk bertahan hidup.
Peresensi adalah mahasiswa Teknik Mesin