aksi mahasiswa CLS pada perayaan kemeredekaan As (1)Berada di negara orang bukan berarti tidak dapat merayakan hari kemerdekaan negaranya. Mahasiswa program Critical Language Scholarship (CLS) asal Amerika Serikat (AS) mendapat kesempatan itu. Mereka merayakan hari kemerdekaan AS ke-239 yang jatuh pada Sabtu (04/07) lalu di Indonesia.
Bertempat di halaman Gedung D8 FS, peringatan kemerdekaan AS ala Tujuh Belas Agustusan itu diselenggarakan. Sebanyak 26 mahasiswa ikut berpartisipasi langsung dalam agenda hari itu. Mereka berpartisipasi dalam perlombaan dengan desain ala Tujuh Belas Agustusan yang dimulai pukul 14.30 WIB. Terdapat lima lomba yang dipersiapkan panitia. Lomba-lomba tersebut, yakni memasukkan bola ke dalam keranjang dengan menggunakan gelas yang diikat dengan tali pada pinggang antara dua orang. Lomba selanjutnya ialah lomba kelereng. Peserta dengan ditutup matanya membawa kelereng menggunakan sendok yang kemudian diberi pengarahan oleh partner bermainnya. Kemudian memasukkan benang ke dalam jarum. Selanjutnya menebak kata, yang mana dua orang saling berhadapan, salah satunya memakai topi kerucut yang sudah tertempel sebuah kata untuk ditebak oleh orang yang tidak memakai topi. Setelah berhasil menebak, peserta yang memakai topi berlari dan menggantungkan topi tersebut pada gantungan yang telah disediakan panitia. Dan lomba yang terakhir menyusun kalimat acak menjadi kalimat yang benar.
Rangkaian acara selanjutnya, dilanjutkan dengan pentas dari masing-masing kelas yang bertempat di Aula AVA FS Gedung E6 Lantai II. Dalam hal ini, mahasiswa CLS terbagi dalam enam kelas. Sebelum pentas seni, terlebih dahulu dibuka dengan semua mahasiswa CLS menyanyikan lagu Indonesia Raya di atas panggung dan sebaliknya para tutor dan guru menyanyikan lagu kebangsaan Amerika Serikat. Shintiya