suasana upacara pembukaan diikuti oleh semua atlit

Pagi kala itu lumayan terik, sang surya menyambut perwakilan dari sembilan perguruan tinggi negeri maupun swasta di Lapangan Tenis Cakrawala UM. Selasa (08/09), sembilan perguruan tinggi, di antaranya UNEJ, UB, UNESA, UNAIR, ITS, Petra Surabaya, UMM, Universitas Oratama Surabaya, termasuk juga UM sebagai tuan rumah telah bersiap. Masing-masing universitas mengirim atlet terbaiknya untuk beradu memperebutkan gelar juara.
Hari pertama diawali dengan pembukaan acara, senandung lagu Indonesia raya terdengar. Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Pelaksana Drs. Supriatna, M.Pd. Dalam sambutannya dijelaskan bahwa baik tunggal putra maupun putri diterapkan sistem pertandingan yang sama dengan ganda putra maupun putri, yakni sistem gugur. Acara pembukaan Pomda ini juga dihadiri oleh Wakil Rektor III, Dr. Syamsul Hadi, M.Pd, M.Ed.
UM dipercaya sebagai tuan rumah diharapkan menghasilkan jawara yang dapat membawa nama Jatim di tingkat nasional pada November di Banda Aceh. “Memang kita bertanding, berkompetisi bahkan bersaing. Di samping itu kita juga menjalin silahturahmi antar perguruan tinggi,” ungkap Syamsul Hadi disela sambutannya. Cita-cita mengalahkan kelompok lain memang dihalalkan, tapi jangan melumpuhkan tali persaudaraan, tambah Wakil Rektor III tersebut.
Pertandingan adalah kompetisi yang pastinya menghasilkan pemenang yang patut dibanggakan. Kali ini tuan rumah dapat mengembangkan senyumnya sebab ganda putri mampu menyabet Juara 1 mengalahkan perwakilan dari UB dan UNESA yang berada di urutan kedua dan ketiga. Selain itu, ganda putri yang beranggotakan Tri Sakti Oktaviani dan Nurika Dyah Lestarining ternyata masing-masing juga meraih Juara 3 pada kelompok tunggal putri. Meskipun tunggal putra belum mampu mendapatkan gelar kemenangan, usaha dan kerja keras yang dilakukan layak mendapat apresiasi.
Siapapun yang menjadi pemenang diharapkan mampu mempertahankan kemenangan itu. Selamat berkompetisi meraih kemenangan dan menjalin persahabatan demi kejayaan Jatim. Salam Olahraga!Iven