Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM), Winang Surya Utama, yang akrab dipanggil Winang berhasil menjuarai pemilihan Duta Politik Kota Malang 2018. Acara tersebut diadakan oleh organisasi Anak Muda Hebat (AMH) Kota Malang bersama Radar Malang dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang  (13/01). Tak tanggung-tanggung, proses seleksi meliputi tes tulis, interview, dan tes bakat.

IMG-20180131-WA0019
Mahasiswa Pascasarjana UM ini menampilkan bakat musikalisasi puisi yang berjudul Senyum yang Selalu Terkenang karya Juan Krisna Akhiru. Selain pengetahuan mengenai politik, penampilan bakat, kemampuan public speaking, dan pemecahan masalah pada saat diskusi juga mengantarkan Winang menjuarai Duta Politik Kota Malang. “Saya ingin belajar lebih banyak mengenai politik, kemampuan public speaking sangat membantu dalam pemilihan ini. Sebelumnya saya sudah banyak belajar ketika menjadi Duta Kampus UM. Intinya selalu positive thinking dan banyak membaca terutama membaca koran karena banyak hal terbaru yang sering kita lupakan di sana” tutur Winang selaku pemenang Duta Politik.
Mengharumkan nama UM, Winang mendapat banyak tanggapan positif dan support dari teman-teman kuliah, Paguyuban Duta Kampus (Paduka) UM, dan civitas academica UM. “Setelah saya mendapat amanah menjadi Duta Politik, tentunya saya akan menyosialisasikan kepada teman-teman mahasiswa betapa pentingnya hak suara kita dalam memilih, karena hal itu akan menentukan masa depan politik di Indonesia. Saya sangat senang karena pihak UM sangat mengapresiasi kemenangan saya,” tambah Winang. Dengan jabatan sebagai Duta Politik Kota Malang, Winang ingin memotivasi mahasiswa untuk lebih memahami dinamika politik di Indonesia. Menurutnya, politik bisa diceritakan lewat mulut ke mulut seperti bercerita biasa kepada sesama mahasiswa.
Salah satu alasan diselenggarakannya Duta Politik adalah untuk mengajak para generasi bangsa agar memahami dan tidak antipati pada politik. Karena melihat data yang ada hanya sebagian dari mahasiswa atau anak usia muda yang menggunakan hak politik mereka. Acara ini memberikan berbagai informasi dan pendidikan mengenai politik kepada masyarakat khususnya mahasiswa dan anak muda di Kota Malang. Terdapat lebih dari seratus peserta pendaftar yang meliputi mahasiswa dan pelajar di Kota Malang dan Winang adalah salah satu dari mereka yang berhasil meraih gelar Duta Politik Kota Malang.
“Duta Politik bukan merupakan ajang kompetisi kecantikan, melainkan kompetisi mengenai dunia politik yang menurut saya ini sangat menarik. Saya bertugas membantu KPU dan menyosialisakan ketika ada pesta demokrasi. Karena itu, untuk menjadi Duta Politik harus mengedepankan luasnya wawasan tentang politik dan yang paling penting harus pandai bersosialisasi di lingkungan sekitar,” tambah Winang. Ia pun berpesan pada generasi muda yang sudah memiliki hak pilih untuk mulai mengenali pasangan calon kepala daerah masing-masing.Amey