Majalah Komunikasi merupakan majalah kampus Universitas Negeri Malang (UM) yang di dalamnya menyajikan informasi seputar kampus. Jumat (27/4), majalah Komunikasi UM menyelenggarakan sarasehan dengan tema Journalism for Creative Generation yang bertempat di Aula Utama Gedung A3 lantai 2 UM. Acara tersebut dihadiri oleh Organisasi Mahasiswa (ormawa) UM. Selain itu, dosen penyunting majalah juga turut menghadiri acara yang pertama kali dilaksanakan oleh majalah Komunikasi tersebut. “Tujuan sarasehan ini untuk menjalin kerja sama dalam peliputan kegiatan dan menampung aspirasi ormawa serta menguntungkan kedua belah pihak dari majalah Komunikasi maupun dengan ormawa,” tutur Drs. Taat Setyohadi, selaku Kabag Kemahasiswaan sekaligus pembuka acara sarasehan.

IMG_8166
Senada dengan Taat, Cintya Indah Sari selaku ketua pelaksana menuturkan bahwa selain untuk meningkatkan kerja sama antara majalah Komunikasi UM dengan seluruh ormawa mengenai peliputan kegiatan, adanya sarasehan ini juga untuk mempererat tali silaturahmi. “Majalah Komunikasi adalah majalah kampus UM, namun masih banyak mahasiswa UM yang belum mengetahui majalah ini. Oleh karena itu, dalam acara sarasehan ini sekaligus memperkenalkan kembali majalah kampus agar semua Ormawa UM mengerti apa itu majalah Komunikasi,” tambah Cintya.
Sebelumnya, ormawa UM diimbau untuk mengumpulkan kalender kegiatan mereka. Hal tersebut dibutuhkan untuk memudahkan kru majalah Komunikasi dalam hal peliputan.  Kalender kegiatan yang dikumpulkan tersebut nantinya akan diliput dalam bentuk online maupun offline (cetak). Tidak berhenti di situ, Nida Anisatus Sholihah, S.Pd.  selaku Redaktur Majalah Komunikasi UM yang menjadi pemateri utama sarasehan juga mengenalkan kepada peserta mengenai majalah kampus. Dalam majalah Komunikasi terdapat tujuh belas rubrik yang meliputi salam redaksi, surat pembaca, laporan utama, up to date, opini, seputar kampus, profil, cerita mereka, curhat, info, agama, pustaka, laporan khusus, wisata, rancak budaya, komik, dan lensa UM. Selain itu, mahasiswa UM juga memiliki kesempatan agar kegiatan dan karyanya dapat dimuat di majalah Komunikasi dalam rubrik wisata, curhat, komik, lensa UM, dan lain-lain. Mahasiswa dapat langsung mengirim ke Kantor Redaksi majalah Komunikasi Graha Rektorat lantai 2 atau via email komunikasi@um.ac.id.
”Acara yang bagus. Majalah Komunikasi mencoba untuk memberi wadah aspirasi ormawa terutama dalam menjalankan event. Dengan begitu, setiap ormawa akan terus meningkatkan kualitas event maupun progam kerja mereka,” kesan Fahmil Aziz selaku Wakil Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa UM. Gita Dwi Ameli selaku anggota UKM Unit Aktivitas Bola Basket juga berharap majalah Komunikasi dapat meliput semua kegiatan ormawa berdasarkan kalender kegiatan yang telah diberikan oleh ormawa.Dessy