Ulul Musthofa menjadi salah satu grup albanjari yang patut dibanggakan oleh Universitas Negeri Malang (UM). Meski namanya tidak begitu familiar di kalangan civitas akademika UM, namun, grup ini kerap kali membawa pulang piala kejuaraan. Ulul Musthofa terbukti telah berhasil menjuarai festival Albanjari di tingkat provinsi maupun nasional. Sudah ada lebih dari 10 kemenangan yang pernah diraihnya. Baru-baru ini, grup yang berada di bawah naungan UKM Alquran Study Club (ASC) tersebut meraih Juara 3 Putri dalam festival albanjari yang diadakan oleh Gebyar Seni Religi Universitas Airlangga pada (20-21/10), kategori mahasiswa tingkat nasional dan Juara Harapan 2 di ajang Gebyar Brawijaya Qur’ani V Nasional pada (27/10).

Di balik kemenangan Ulul Musthofa, tentunya tidak lepas dari kerja keras anggota dalam berlatih, meluruskan niat, berusaha, berdoa, dan bertawakkal. Menurut mereka, yakin akan usaha yang dilakukan itu penting, karena kemenangan merupakan bonus dari usaha itu. “Cara mempertahankan juara dengan latihan rutin, tetap menjalin silaturrahmi, baik dengan anggota Ulul Musthofa sendiri maupun dengan anggota albanjari dari luar UM, dan tentunya selalu meminta evaluasi kepada juri untuk perbaikan lomba selanjutnya,” tutur Alam Asrorul Haq, Ketua Ulul Musthofa.

Meskipun terdapat kendala untuk kegiatan rutin seperti kesibukan anggota yang berbeda-beda, latihan yang kurang maksimal, dan fasilitas tempat latihan yang selalu berpindah-pindah, namun hal tersebut tidak menyurutkan niat baik untuk tetap membumikan selawat di kalangan mahasiswa. “Harapan ke depan semoga selalu diberikan kelancaran dalam segala hal, khususnya dalam kegiatan-kegiatan Ulul Musthofa, dan senantiasa diberikan kesuksesan dalam meraih prestasi untuk UM yang lebih baik,” tutup Alam.

Selain aktif di berbagai festival, Ulul Musthofa juga memiliki kegiatan rutin setiap minggunya. Ada pembacaan Diba’ di kantor ASC setiap Senin dan latihan rutin setiap Jumat mulai pukul 14.00 WIB. Grup albanjari Ulul Musthofa memiliki lima grup kecil, yakni Ulul Musthofa Putri, Ulul Musthofa Putra, Uhailul Mujtaba, Uhibbul Musthofa, dan grup mahasiswa baru yang masih dirundingkan namanya. Sejak didirikan pada tahun 2012, telah ada sebanyak lebih dari 100 mahasiswa yang pernah bergabung di grup albanjari Ulul Musthofa.Amey