Kawah Putih Ciwidey, salah satu tempat wisata di Bandung yang begitu fenomenal. Bisa dibilang, travelling ke Bandung belum lengkap tanpa berkunjung ke Kawah Putih Ciwidey. Destinasi wisata yang pernah menjadi lokasi syuting film Heart pada 2006 silam ini, menyajikan pemandangan yang memanjakan mata. Pengunjung akan merasakan suasana magis dari kawah berkabut yang cocok untuk pemburu spot foto instagrammable. Tentunya jangan lupa siapkan kamera jika sobat Komunikan hendak berkunjung ke sini.

Tempat wisata keren tersebut lokasinya berada di Kecamatan Ciwidey yang berjarak sekitar 46 km dari pusat kota Bandung. Jika liburan ke sini, sebaiknya memulai perjalanan dari pagi hari karena selain menghindari macet, wisata Kawah Putih sudah dibuka mulai pukul 07.00 pagi sampai 17.00 sore setiap harinya. Tiket masuk ke tempat wisata yang indah ini tidak terlalu mahal untuk wisatawan lokal hanya dikenai kocek Rp20.000,00 per orang, sedangkan wisatawan Mancanegara harga tiket lumayan mahal yakni Rp75.000,00 per orang.

Dalam perjalanan menuju puncak kawasan, wisatawan juga akan disuguhi pemandangan alam hijau yang tak kalah indahnya dengan Kawah Putih Bandung. Fasilitas di tempat wisata tersebut pun memadai, mulai dari warung makan, toilet, musala, tempat oleh-oleh serta parkiran luas yang dibagi menjadi dua tempat, yakni yang berada di atas dan di bawah. Wisawatan yang datang dengan menggunakan bus harus parkir di bawah dan melanjutkan perjalanan menuju puncak kawasan dengan menggunakan shuttle angkot.

Hal paling istimewa dari wisata terbaik di Bandung ini ialah warna tanah putih dengan kawah berwarna biru kehijauan akibat belerang. Kondisi tersebut menciptakan suasana romantis yang sangat indah. Sebuah tempat mempesona yang membuat wisatawan selalu membidikkan kameranya. “Datang ke Kawah Putih tertarik karena melihat foto teman-teman di Instagram bagus banget, unik juga pemandangannya,” ujar Bagas, salah satu pengunjung asal Yogyakarta. Saking menariknya, tempat ini sering dijadikan spot foto untuk pre-wedding dengan tarif Rp150.000,00.

Bagi wisatawan yang menginginkan hasil foto eksotis dapat memakai jasa fotografer yang ada di sekitar lokasi wisata. Oh ya jangan lupa nih, untuk memakai masker karena wisatawan akan merasakan bau belerang yang cukup menyengat.

Pewarta: Karina Okta Bella